Thu,14 December 2017


Storyline Sejarah Kabupaten Sleman

Indofakta 2017-11-24 15:42:38 Daerah
Storyline Sejarah Kabupaten Sleman

SLEMAN - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Slemanmenyelenggarakan seminar "Storyline Sejarah Kabupaten Sleman", Jumat (24/11), di Hall Merbabu Hotel Prima SR.

"Dalam seminar tersebut dibahas terkait perjalanan sejarah Kabupaten Sleman dari masa ke masa," kata Ir AA Ayu Laksmi Dewi Tri Astika Putri, MM, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, yang menambahkan pihaknya berencana membuat gedung diorama di Kabupaten Sleman.

Menurut Ayu Laksmi Dewi, diorama itu nantinya akan memuat perjalanan sejarah Kabupaten Sleman dari zaman prasejarah.

Dan, penyusunan storyline itu merupakan langkah awal untuk membuat diorama. Dari Storyline akan terlihat rangkaian sejarah Slemanseperti apa. "Dan itu kita bahas di seminar ini bersama beberapa narasumber yang hadir," jelas Ayu.

Menurut Ayu, keberadaan diorama di Kabupaten Sleman itu, dianggap penting. "Untuk menyelamatkan dokumen sejarah Kabupaten Sleman," tandas Ayu, yang menambahkan hal itu juga akan melakukan konsultasi dengan beberapa tokoh serta ahli sejarah untuk menyusun storyline.

Ayu berharap, pembangunan diorama ini dapat terealisasi secepat mungkin. Diorama ini secara fisik mungkin sama dengan museum. Bedanya, kalau diorama itu dilengkapi dengan dokumen-dokumen asli yang sah. "Harapan kami_ diorama ini bisa mulai dibangun tahun depan,” imbuh Ayu.

Sementara itu, Budi Wibowo, SH, MM, Kepala Badan Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi (BPAD) DIY, mengapresiasi langkah Pemerintah Kabupaten Sleman dalam hal ini Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman.

Menurut Budi Wibowo, Kabupaten Sleman merupakan Pemerintah Daerah pertama di DIY yang sudah memulai pembangunan diorama.

"Bagus sekali ini. Sleman memulai membuat diorama ini yang pertama di DIY. Bahkan, DIY saja baru mau mulai membuat diorama di tahun 2018 nanti," ungkap Budi di depan Junno Mahesa dari CV Java Advertising (koordinator tim penyusun storyline sejarah Sleman), Prof Dr Timbul Haryono, MSc, dan Drs Darto Harmoko (pelestari Cagar Budaya DIY).

Kegiatan diakhiri dengan penandatanganan berita acara penyerahan arsip yang sudah selesai direstorasi antara Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sleman dengan Kepala Desa Girikerto Turi Sleman.

Pada tahun 2017 sebanyak 1.863 lembar arsip yang sudah direstorasi di Kabupaten Sleman. (Affan)

 

 

 

Berita Terkait