Tue,12 December 2017


Eka Setiawan dapat Hadiah

Indofakta 2017-11-21 11:56:53 Edukasi
Eka Setiawan dapat Hadiah

SUMEDANG -- Eka Setiawan (15 Tahun), seorang siswa kelas X jurusan Tekhnik Kendaraan Ringan (TKR) SMK Yayasan Pendidikan Informasi Indonesia (YASPRI) mengaku sangat senang mendapatkan hadiah berupa satu unit sepeda gunung dari Bupati Sumedang, H. Eka Setiawan.

Hadiah tersebut diberikan usai Eka menjawab pertanyaan yang dilayangkan oleh Bupati Eka Setiawan disela-sela Rapat Koordinasi (Rakor) Peningkatan Nila-nilai Kejuangan Di Kabupaten Sumedang Tahun 2017 yang diselenggarakan di Aula Tampomas IPP Setda Kabupaten Sumedang, Selasa (21/11).

Rakor yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Sumedang melalui Bagian Kesra Setda Kabupaten Sumedang tersebut dihadiri oleh perwakilan dari Kepala Biro Pelayanan dan Pengembangan Sosial Setda Provinsi Jawa Barat, unsur SKPD, narasumber serta 75 orang  perwakilan pelajar dari seluruh SMA dan SMK di Kabupaten Sumedang.

Dikatakan Kabag Kesra, H. Agus Suherman, S. Sos, M. Si dasar pelaksanaan rakor adalah Peraturan Daerah Kabupaten Sumedang Nomor 12 Tahun 2016 Tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun 2017 serta Keputusan Sekretaris Daerah Nomor 900/KEP.SEKDA.43-KESRA/2017 tentang Pembentukan Tim Pelaksana Kegiatan Rapat Koordinasi Nilai-nilai Kejuangan di Kabupaten Sumedang Tahun 2017.

“Maksud dan tujuan dilaksanakannya rakor ini adalah untuk meningkatkan serta melestarikan nilai-nilai kepahlawanan, sehingga tidak terjadi pergeseran norma-norma di masyarakat dan lingkungan sekitar dan juga untuk memberikan pengetahuan serta wawasan kepada para pelajar tentang nilai-nilai kejuangan,’’kata Agus.

Sementara itu, Bupati Eka dalam kesempatan tersebut mengatakan nilai-nilai kejuangan tidak dapat terlepas dari sejarah para pahlawan bangsa yang telah berkorban demi kemerdekaan. Dikatakan Eka lebih lanjut para pelajar diharuskan mengetahui sejarah bangsa, supaya tidak kehilingan identitas serta lebih mencintai bangsa.

“Kita semua harus memiliki semangat dalam memelihara kemerdekaan. Dengan kata lain, semangat juang bukan hanya berkobar dalam perjuangan merebut kemerdekaan, tetapi juga  semangat juang harus tetap eksis di era kemerdekaan,”ujarnya.

Menurut Eka, para pelajar di Sumedang diharapkan mempunyai nila-nilai kejuangan berupa inisiatif, kepedulian, kepeloporan serta rela berkorban sebagaimana yang telah dicontohkan oleh para pahlawan bangsa. “Para generasi muda saya harapkan bisa mengaplikasikan sifat-sifat para pendahulu kita dalam berjuang demi bangsa,”kata Eka.

Disampaikan Eka, Rakor Peningkatan Nilai-Nilai Kejuangan tersebut diharapkan dapat menjadi bahan evaluasi terhadap program-program pemerintah untuk menumbuhkan semangat membangun untuk mewujudkan masyarakat Sumedang yang sejahtera, nyunda, maju, mandiri dan agamis.

‘’Saya memandang bahwa kegiatan seperti rakor ini penting, pasalnya rakor seperti ini selain dapat menumbuhkan nilai-nilai kejuangan juga dapat menjadi sarana sinegritas dan koordinasi untuk OPD dalam membangun Sumedang,”kata Eka diakhir sambutannya.(hms/rls)

Berita Terkait