Thu,14 December 2017


JVWF 2017 dari Jogja untuk Dunia

Indofakta 2017-11-17 11:21:40 Serba Serbi
JVWF 2017 dari Jogja untuk Dunia

YOGYAKARTA -- Event dua tahunan, Jogjakarta Volkswagen Festival (JVWF), digelar di Jogja Expo Center (JEC) Yogyakarta pada 17-19 November 2017.

 

Dalam acara itu, tidak hanya disuguhi pameran mobil VW saja. Tapi juga pameran seni dan panggung hiburan. "Tentu, ini sangat menggembirakan karena berdampak positif bagi industri pariwisata di Yogyakarta," kata Aris Riyanta, Kepala Dinas Pariwisata DIY, Jum'at (17/11).

 

Menurut Aris, event JVWF ini perlu dilanjutkan dan didukung penyelenggaraannya. Dan, Pemda DIY akan mendukung kegiatan itu. "Karena berdampak positif bagi masyarakat dan perputaran ekonomi di masyarakat ada peningkatan," papar Aris Riyanta.

 

Dengan menjadikannya JVWF sebagai agenda tetap pariwisata DIY, diapresiasi Kepala Dinas Pariwisata DIY, Aris Riyanta. "Saya kira adanya JVWF ini sudah tepat agar tingkat kunjungan wisata selalu tinggi," tandas Aris Riyanta.

 

JVWF 2017 dirangkum dalam karya dan kreativitas melalui media mobil VW. Dan, seniman muda Yogyakarta merespon JVWF 2017 dengan art volks exhibition bertema "the art can show the glory of a nation", dengan karya seni bisa menunjukkan kebesaran suatu bangsa.

 

Diterangkan Tjahjo Widjojono, ketua pelaksana JVWF 2017, ada 22 seniman yang terlibat dalam pameran seni ini dengan berbagai karya: lukisan, patung dan instalasi seni. Bahkan, Bayu Wardana, seorang pelukis yang juga penggemar VW, tampilkan live art performance.

 

Dalam tiga hari pelaksanaan, ada 40 grup kesenian tampil di panggung hiburan JVWF 2017: pantomim, sulap, tari, musik. Semua penampil adalah dari berbagai komunitas di Yogyakarta.

 

Untuk musik, akan menampilkan berbagai jenis musik: dangdut, keroncong, jazz, blues, hip-hop, ska dan sebagainya, yang menampilkan Uut Selly feat Hasoe Angela, Joga Hip Hop Foundation dan Shaggydog.

 

Memeriahkan acara itu, ada 20 UMKM. Dan, ada 25 food truck, yang semua dari mobil VW, memeriahkan JVWF festival food truck. Berbagai jenis makanan tersedia di area ini. Untuk menambah semarak JVWF filosofi kopi pun hadir dengan meet & great bersama Cicho Jerico dan Rio Dewanto.

 

Tak kalah menariknya, dalam event itu menghadirkan tokoh dunia VW. Kali ini, Ron Fleming dari AS, seorang pembalap (drag) VW sekaligus pendiri Club VW tertua di dunia: Der Kleiner Panzers. Mereka menjadi daya tarik penggemar VW dari berbagai negara untuk datang ke JVWF 2017.

 

JVWF selalu dinanti orang, khususnya penggemar VW. Tahun 2015, ada 2.000 kendaraan VW hadir dari berbagai daerah di Indonesia dengan 20 ribu pengunjung. Juga hadir 500 orang dari mancanegara: Malaysia, Singapura, Brunei, Thailand, Australia, Jerman, Belanda, Jepang dan lainnya. (Affan)

Berita Terkait