Tue,12 December 2017


KPU Diprediksi Lima Paslon Bakal Ikut Bertarung

Indofakta 2017-11-15 20:42:21 Politik
KPU Diprediksi Lima Paslon Bakal Ikut Bertarung

PADANG -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Padang memprediksi ada lima pasang calon kepala daerah yang bakal bertarung di Pilkada 2018.

     

"Jika periode sebelumnya Padang diramaikan 10 pasang Cawako/cawawako Pada Pilkada kali ini KPU Padang memprediksi maksimal hanya ada lima pasangan calon walikota yang bakal bersaing menuju kursi 01 Padang,"kata Ketua KPU Padang, M. Sawati rabu (15/11).
     

Ia menjelaskan,lima pasangan calon ini yakni tiga pasang dari partai politik dan dua pasang dari perseorangan.
   

Ini berdasarkan jumlah kursi di DPRD Padang 45 kursi sedang. Dari jumlah kursi tersebut tidak satupun parpol cukup untuk mengusung paslon. "Parpol bisa mengusung paslon harus 9 kursi,Tentunya parpol berkoalisi dalam mengusung calon,"jelasnya. 
   

Ia menyatakan, untuk Pilkada 2018 KPU menggarkan dana sebesar  Rp37 miliar untuk lima paslon.  "Anggaran ini dinilai cukup, sepanjang pasangan calon yang maju hanya lima pasang,"katanya.
     

Jika calon kurang dari lima paslon maka dana berlebih tentunya harus dikembalikan,namun bila paslon lebih dari lima pasang maka akan ada penambahan anggaran. "Dimana setiap calon ada tambahan sebesar Rp600 juta,"jelas Sawati.(Derizon)

Berita Terkait