Tue,21 November 2017


Akreditasi Institusi A Diraih UAD Yogyakarta

Indofakta 2017-11-14 14:17:15 Edukasi
Akreditasi Institusi A Diraih UAD Yogyakarta

YOGYAKARTA -- Kita bersyukur karena satu amal usaha Muhammadiyah memperoleh akreditasi institusi A, dan hingga sekarang sudah ada lima Perguruan Tinggi Muhammadiyah dengan akreditasi sama. Dan, untuk mencapai hal itu tidaklah mudah.

Hal itu dikatakan Ketua Umum PP Muhammadiyah, Dr Haedar Nashir, MSi, dalam pengajian syukuran diterimanya Surat Keputusan BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi) yang meraih Akreditasi Institusi A di Masjid Islamic Center Kampus 4 UAD, Jl Ring Road Selatan, Banguntapan, Bantul, Selasa (14/11).

SK BAN-PT diserahkan Prof Siti Muslimah Widiastuti (anggota Dewan Elsekutif BAN-PT) pada acara Wisuda Sarjana dan Pascasarjana di JEC Yogyakarta, Sabtu (11/11).

Menurut Haedar, prestasi yang diraih UAD Yogyakarta itu untuk mencerdaskan umat dan bangsa. "Dengan segala kekurangan untuk memacu diri agar lebih berkualitas dan berkemajuan," kata Haedar Nashir.

Lebih lanjut dikatakan Haedar, beberapa hal harus menjadi perhatian UAD, yaitu bagaimana kita memaknai kesyukuran ini dengan memperkuat komitmen untuk betul-betul menjadikan kampus ini sebagai kekuatan penggerak misi Muhammadiyah.

"Ujian syukur tidak di kala nikmat, tapi juga musibah. Ini tidak gampang. Untuk itu, kita harus hati-hati di kala sukses karena godaan begitu banyak. Dan, komitmen kita pun diuji.

Kita pun jangan sampai kehilangan integritas," papar Haedar Nashir.

Diharapkan, kampus-kampus dengan akreditasi institusi A bisa menyumbang pemikiran strategis bagi Muhammadiyah. "Hingga nantinya ada kekayaan pemikiran," tandas Haedar yang berharap dari kampus bisa melahirkan pemikir-pemikir yang memberi sumbangan strategis bagi Muhammadiyah.

Sementara itu, ketika sampaikan kesan dan pesan selaku pendamping UAD dalam penilaian, Prof Achmad Nurmandi, dari Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah, sampaikan selamat kepada UAD yang memperoleh akreditasi institusi dengan nilai 370. Menurut Nurmandi, program penting Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah akan meningkatkan kualitas PTM yang saat ini ada 5 terakreditasi A akan ditargetkan 7, akan menyusul lagi Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) dan Universitas Muhammadiyah Sumateta Utara (UMSU).

Nurmandi mengatakan, pimpinan dan dosen di UAD mau belajar yang baru dan sudah tahu standarnya. "Tidak berlebihab UAD sudah diakui internasional dengan berbagai aspeknya," kata Nurmandi.

Muhammadiyah dikenal secara global melalui pendidikan tinggi. Untuk itu, Nurmandi berharap UAD harus mencapai secara global dengan meningkatkan kualitas. "Supaya diakui internasional," tandas Nurmandi.

Di sisi lain, Rektor UAD, Dr Kasiyarno, MHum, bersyukur karenq dalam akreditasi institusi UAD peroleh nilai yang cukup menggembirakan. "Untuk itu, saya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak," kata Kasiyarno.

Secara khusus, Kasiyarno ucapkan terimakasih kepada PP Muhammadiyah karena mendorong UAD Yogyakarya untuk terus maju, maju dan maju. "Amal usaha Muhammadiyah harus berkemajuan sebagai pendukung dalam Persyarikatan Muhammadiyah," kata Kasiyarno yang menambahkan keunggulan UAD sudah diwujudkan.

Saat ini, sumber daya manusia (SDM) dalam arti dosen, masih kurang. Jumlah dosen berpendidikan S3 masih sangat kurang dan masih 26 persen. Untuk itu, Kasiyarno akan mengupayakan tahun ini akan ada 10 guru besar. (Affan)


 

Berita Terkait