Tue,21 November 2017


Kompolnas : Bisa buka lp lagi, untuk jerat pelaku yang tak tersentuh Polsek

Indofakta 2017-11-13 05:25:09 Hukum / Kriminal
 Kompolnas : Bisa buka lp lagi, untuk jerat pelaku yang tak tersentuh Polsek

KARAWANG  - Komisi kepolisian nasional ( kompolnas ) menjelaskan, pihak korban masih bisa membuka LP  (laporan polisi ) guna menjerat pelaku pembunuh, Irwan Mohamad Fazri, yang belum disentuh pemeriksa polsek karawang.

         

Pengakuan sang penjemput korban bernama, asep rukmana, bisa dijadikan alat bukti. Selain, ada saksi lain bernama ibu, nur, dimana dianggap tahu  sekitar terjadi penghilangan nyawa, irwan, dan ketika sudah meninggal diceburkan ke irigasi kw 4 johar, kelurahan, karawang wetan

         

Kata imam, dari kompolnas, asep rukmana, sang penjemput, irwan mohamad fazri, dari rumahnya, anjun, kelurahan karawang timur, bukan saksi " de auditu. Tetapi saksi yang benar- benar ikut mengalami penyiksaan dan melihat langsung para pelaku memperagakan aksi sadis di tkp.

       

 " Boleh saja pengakuan. Asep rukmana, yang dituangkan di atas kertas bermatrai dianggap saksi de auditu. Tetapi atas pengakuan yang diucapksn langsung dari mulutnya merupakan pengakuan yang bisa dijadikan alat bukti, " kata imam, dari kompolnas.

         

Masih kata imam, jika pihak keluarga korban mau membuka laporan polisi, sama sekali tidak masuk" ne bis in idem" . Hal, karena bukan ditujukan kepada terdakwa yang sudah divonis dan telah mendapat kekuatan hukum yang tetap.

           

Tetapi, kata imam. Lp yang baru ini diarahkan kepada pelaku lain, yang hingga kini tidak ditersangkakan pihak pemeriksa polsek karawang. Dari kompolnas juga bertanya, apakah tingkat kesulitan saksi korban, sudah sampai di dpo kan oleh pemeriksa polsek karawang kota?.

         

Dalam kasus pembunuhan yang diduga mengalami kejanggalan proses hukumnya, pihak majelis hakim yang menyidangkan pembunuhan sadis tersebut menyarankan agar pembuka lp baru. Sebab, disini hakim dalam memutus perkara, hanya sebatas di bap saja. (jay)

 

 

 

Berita Terkait