Tue,21 November 2017


Disumedang masih banyak Pengangguran

Indofakta 2017-11-11 11:05:29 Daerah
Disumedang masih banyak Pengangguran

SUMEDANG -- Dari total sekitar 1,2 juta penduduk yang ada di Kabupaten Sumedang, 45 ribu diantaranya masih tanpa pekerjaan alias menganggur.

 

Oleh sebab itu, Bupati Sumedang H. Eka Setiawan mengapresiasi penyelenggaraan Job Fair yang rencananya akan digelar selama dua hari, tanggal 10 s.d 11 November 2017 yang bertempat di Graha Suhardini IKOPIN Kecamatan Jatinangor. 

 

Karena, dengan dilaksanakannya kegiatan atas inisiasi Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi bekerjasama dengan Kwarda Jawa Barat serta Kementerian Tenaga Kerja Republik Indonesia seperti ini, diharapkan dapat menyerap para pencari kerja.

 

Pernyataan Eka itu diungkapkan saat dimintai keterangan sesaat setelah mengikuti acara pembukaan Job Fair 2017 Kab. Sumedang yang dilakukan Ketua  Komisi IX DPR RI H. Dede Yusup Macan Effendi di komplek kampus IKOPIN Jatinangor, Jumat, (10/11/2017) sore.

 

"Jumlah pengangguran yang mencapai hampir lima puluh ribuan itu tentunya bagian yang harus kita selesaikan, dan kita harus segera dicari solusinya untuk bisa diserap oleh pengguna kerja", kata Eka.

 

"Oleh karena itu, mudah-mudahan melalui kegiatan bursa kerja saat ini bisa menyelesaikan masalah ketenagakerjaan (pengangguran) dan diharapkan kegiatan ini dapat dilaksanakan setiap tahun," imbuhnya.

 

Sebagaimana diterangkan Kepala Disnakertans Kab. Sumedang Dikdik Sadikin, program Job Fair Sumedang dengan mengambil tema 'Peningkatan Pelayanan Penempatan Tenaga Kerja Guna Memperluas Kesempatan Kerja' tersebut, bermaksud untuk mempertemukan para pencari kerja dengan pengguna kerja secara langsung, sehingga mempermudah dalam hal penempatan tenaga kerja untuk di dalam ataupun luar negeri.

 

"Sementara itu, tujuan diselenggarakannya kegiatan ini juga untuk memfasilitasi pencari kerja sehingga mendapatkan pekerjaan sesuai dengan bakat, minat dan kemampuannya," beber Dikdik.

 

Senada dengan Eka dan Dikdik, Kepala Bidang Penempatan dan Perluasan Ketenagakerjaan pada Disnakertrans Kab. Sumedang Asep Rahmat mengungkapkan bahwa memang saat ini pencari kerja di Sumedang masih cukup tinggi. "Sejak dibuka (Job Fair) pada pukul 9 pagi tadi saja, sudah ada sekitar seribu orang pencari kerja yang datang ke sini. Alhamdulillah pada acara bursa kerja saat ini kita pun dapat menghadirkan sebanyak 40 perusahaan baik lokal maupun nasional, yang mana nantinya penempatan para tenaga kerja ada yang di dalam maupun luar negeri," ucap Asep.

 

Dirinya pun berharap, melalui kegiatan Job Fair 2017 Sumedang akan turut menurunkan angka pengangguran yang ada di Kab. Sunedang.

 

"Semoga kegiatan Job Fair kali ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh seluruh peserta," pungkasnya. (hms/hgky)

Berita Terkait