Tue,21 November 2017


Guna Mantapkan Perencanaan Program, Baznas Sumedang Gelar Rapat Kerja

Indofakta 2017-11-09 13:23:13 Daerah
Guna Mantapkan Perencanaan Program,  Baznas Sumedang Gelar Rapat Kerja

SUMEDANG - Guna meningkatkan koordinasi, kerjasama dan memantapkan perencanaan program kerja tahun 2018 mendatang, Baznas Kabupaten Sumedang menggelar Rapat Kerja dengan mengundang para Unit Pengelola Zakat Dinas/Badan/Kantor/Kecamatan/Lembaga, yang diselenggarakan di Gedung Pusdai Sumedang, Kamis, (9/11/3017).

Pada kegiatan yang diikuti oleh sekitar 139 peserta dengan tema 'Mewujudkan penguatan aspek kelembagaan dan tata kelola untuk menciptakan pertumbuhan zakat yang berdaya guna bagi kesejahteraan masyarakat' tersebut, dituturkan Ketua Baznas Kab. Sumedang H. Ali badjri bahwa dirinya sangat bersyukur atas sinerginya Baznas dengan Pemerintah Daerah Kab. Sumedang selama ini.

Karena hal itu pula, masih menurut Ali, tak jarang sinergitas yang terjalin baik antara Baznas dengan Pemkab Sumedang menjadi bahan kecemburuan bagi kab/kota lain karena belum sinerginya Baznas dengan Pemdanya masing-masing. "Alhamdulillah ya kita sangat bersyukur karena mampu bersinergi dengan Pemda. Kita (Baznas) selalu mendapat dukungan penuh dari pemerintah (Sumedang), baik dari sisi kebijakan, fasilitas serta anggaran," tuturnya."Tahun ini saja, kita mendapatkan kucuran dana sebesar 1,8 miliar dari APBD Sumedang, dan ternyata hal ini juga menjadi kecemburuan dari daerah lain," kekehnya.

Sementara itu, Bupati Sumedang H. Eka Setiawan yang diwakili oleh Sekretaris Daerah H. Zaenal Alimin mengungkapkan, saat ini Baznas telah mampu menjadi partner bagi Pemda Sumedang. Terutamanya, dalam hal pengentasan kemiskinan dalam berbagai sisi.

"Kenapa saya katakan dalam berbagai sisi? Karena Baznas telah membantu Pemda dalam pengentasan kemiskinan dari sisi miskin harta, muskin ilmu dan miskin akhlak, dengan cara membuat kegiatan untuk realisasi pengentasan kemiskinan dari berbagai sisi tersebut," terangnya.

Dikatakan Zaenal, dalam rangka pengentasan kemiskinan, Pemda merupakan fasilitator sehingga Baznas mampu mengemban amanah yang diberikan pemerintah."Pemda sudah bertindak selaku fasilitator, yang memfasilitasi dari sisi anggaran, dari sisi kebijakan dengan menerbitkan berbagai perda, perbup dan instruksi untuk berzakat, termasuk pemberian fasilitas sarana prasarana untuk Baznas," bebernya.

Terkait pelaksanaan Rapat Kerja Baznas saat itu, Zaenal pun berharap dapat digunakan sebagai sarana untuk mengevaluasi seluruh kegiatan yang telah dilaksanakan, sekaligus melakukan perencanaan program ke depan sehingga harapan Pemda mensejahterakan masyarakatnya dapat terwujud.

"Saya berharap, Raker yang dilaksanakan hari ini dapat digunakan sebagai sarana evaluasi, menginventarisir segala permasalahan dan merancang program Baznas ke depan," ujarnya.

"Semoga ke depan Baznas Sumedang mampu meningkatkan peran dan eksistensinya lebih baik lagi, sehingga akan lebih mengoptimalkan kebangkitan zakat di Sumedang," pungkasnya. (HMS)

Berita Terkait