Tue,21 November 2017


Ziarah Bregada Rakyat DIY

Indofakta 2017-11-08 18:26:56 Nasional
Ziarah Bregada Rakyat DIY

YOGYAKARTA -- Dalam rangka menyambut Hari Pahlawan, paguyuban bregada rakyat Daerah Istimewa Yogyakarta menggelar ziarah ke Taman Makam Pahlawan Kusumanegara Yogyakarta, Rabu (8/11) sore. Mereka hadir mengenakan seragam bregada masing-masing.

 

Menurut Widihasto Wasana Putra, sang penggagas, ziarah ini sebagai praacara Festival Bregada Rakyat DIY ke-5 yang akan dilangsungkan pada Minggu, 26 November 2017 di Alun-alun Wates Kulonprogo. Tercatat ada 30 bregada dengan personel 1.200 orang akan meramaikan gelaran seni keprajuritan rakyat tersebut.

 

Pada kesempatan itu, peserta ziarah mengenakan kostum bregadanya masing-masing tanpa peralatan musik.

 

Ziarah menyambut Hari Pahlawan tanggal 10 November 2017 ini memiliki sejumlah makna penting. Yaitu, mendoakan agar arwah para pahlawan kusuma bangsa memperoleh ketenangan abadi di alam baka.

 

"Selain itu sebagai upaya untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan dan mempertahankan kedaulatan Republik Indonesia," kata Widihasto yang menambahkan suri tauladan para pahlawan dapat dilanjutkan generasi penerus pada masa kini, khususnya kalangan bregada yang menggeluti seni keprajuritan.

 

Makna lainnya adalah sebagai ajang silaturahmi di antara para penggiat bregada rakyat se-DIY. "Agar semakin terbangun jiwa persatuan dan kesatuan guna memperkokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika," tandas Widihasto. 

 

Di TMP Kusumanegara Yogyakarta sendiri bersemayam banyak pahlawan nasional di antaranya Panglima Besar Jenderal Soedirman, Letjen TNI Oerip Soemohardjo (pelopor terbentuknya Tentara Keamanan Rakyat), Pahlawan Revolusi 1965 Brigjen TNI (Anumerta) Katamso Darmokusumo dan Kolonel (Anumerta) Soegiyono.

 

Ziarah bregada rakyat DIY ke TMP Kusumanegara Yogyakarta sekaligus juga dimaksudkan untuk memberitahukan kepada masyarakat mengenai rencana pelaksanaan agenda tahunan "Festival Bregada Rakyat DIY" yang akan digelar dari halaman kompleks kantor Pemerintah Kabupaten Kulon Progo dan finish di Alun-alun Wates. (Affan)

 

Berita Terkait