Tue,21 November 2017


Dishub Yogyakarta Siapkan Rekayasa Lalin Selama Sekaten

Indofakta 2017-11-02 17:43:33 Daerah
Dishub Yogyakarta Siapkan Rekayasa Lalin Selama Sekaten

YOGYAKARTA -- Selama pelaksanaan Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS) tahun 2017, sejumlah ruas jalan di Alun-alun Utara Yogyakarta dibuat searah.

Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta sudah menyiapkan rekayasa lalu lintas beserta tempat parkir kendaraan. "Hal itu untuk memperlancar arus lalu lintas kendaraan bermotor," papar GM Yulianto.

Kegiatan yang akan berlangsung pada tanggal 10-30 November 2017, diperkirakan akan ramai. Seperti disampaikan GM Yulianto, Kabid Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta, Kamis (2/11) di Balaikota Yogyakarta, karena nanti ada penerapan jalan searah, maka tempat parkir sepeda motor bisa di kawasan Alun-alun Utara dan lokasi parkir mobil di seputar Pracimosono Kraton, Kantor Kecamatan Kraton, tempat parkir khusus Senopati dan Ngabean. "Hal itu demi lancarnya arus lalu lintas," kata Golkari Made Yulianto, yang menambahkan nanti akan ada penutupan jalan sejak sore sampai malam hari. 

Nanti, selama ada kegiatan PMPS 2017, akan ada pemberlakuan jalan searah, yaitu dari arah utara Jalan Pangurakan (Trikora) ke selatan, tiap sore hingga malam hari.

Menurut GM Yulianto, pintu masuk bagi kendaraan roda dua hanya satu, yaitu di Jalan Pangurakan (Trikora). "Karena tidak bisa masuk melalui jalan Kauman maupun jalan Ibu Ruswo atau Yudonegaran," papar GM Yulianto.

Dari jalan Pangurakan, pengendara bermotor hanya bisa menuju ke arah timur atau barat.

Dari simpang tiga Jalan Wijilan, kendaraan dari arah selatan tak diperkenankan ke utara sejak sore sampai malam hari.

Selain ada yang keliling, nantinya akan ada petugas Dishub Kota Yogyakarta yang berjaga di simpang empat Gerjen, simpang tiga Mantrigawen, dan simpang tiga Wijilan.

Ketika ditanyakan soal retribusi parkir di kawasan Alun-alun Utara, selama kegiatan PMPS 2017 berlangsung, GM Yulianto berkilah hal itu wewenangnya memang berada di Kecamatan Gondomanan. "Silakan bertanya kepada pak camat," papar GM Yulianto.

Tapi, GM Yulianto menjamin masyarakat yang mengeluhkan soal retribusi parkir bisa mengadu ke petugas yang mobile di area PMPS 2017 maupun di posko pengaduan. (affan)

 

 

Berita Terkait