Sun,19 November 2017


Mu'allimaat Yogyakarta Adakan Career Day

Indofakta 2017-10-26 09:26:46 Edukasi
 Mu'allimaat Yogyakarta Adakan Career Day

YOGYAKARTA -- Madrasah Mu'allimaat Muhammadiyah Yogyakarta adakan career day, Kamis (26/10), di halaman madrasah setempat, meliputi pameran PTN/PTS dan seminar perguruan tinggi dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta.

 

Menurut Direktur Madrasah Mu'allimaat Muhammadiyah Yogyakarta, Agustyani Ernawati, S.Pd, career day melibatkan kelas VII-XII dengan tema menyongsong masa depan yang gemilang. 

 

"Khusus untuk kelas enam atau dua belas ada wawasan meraih perguruan tinggi untuk melanjutkan studinya," kata Agustyani Ernawati, yang menambahkan ada 19 perguruan tinggi yang memberi wawasan bagi siswi kelas 6. 

 

Selain itu, diharapkan mereka melanjutkan studi ke Malaysia, Mesir, Madinah dan negara lain. "Selain menyebar di dalam negeri, tapi juga luar negeri," tandas Agustyani.

 

Bagi Agustyani, dalam konteks pendidikan kader, lulusan Madrasah Mu'allimaat Muhammadiyah Yogyakarta diharapkan memiliki lima kompetensi utama, yaitu keilmuan, kepribadian, kecakapan, sosial kemanusiaan dan kompetensi gerakan.

 

Madrasah Mu'allimaat Muhammadiyah Yogyakarta mempunyai peran yang sangat strategis untuk menyiapkan kader penerus, pelopor dan penyempurna amal usaha Muhammadiyah.

 

Sebelum membuka acara career day, Dra Hj Shoimah Kastolani, dari Badan Pengurus Harian (BPH) Mu'allimin-Mu'allimaat Muhammadiyah Yogyakarta, mengapresiasi agenda tahunan itu, yang bertujuan mengenal, memahami, mengekspresikan ragam pekerjaan dan aktivitas orang dalam lingkungan kehidupan. "Yang sesuai dengan kemampuan dan minat para siswi," papar Shoimah Kastolani.

 

Shoimah Kastolani berharap kepada siswi Madrasah Mu'allimaat Muhammadiyah Yogyakarta untuk berkompetisi dan bersaing di era global ini. "Selain itu juga belajar pengalaman di luar dan suka menulis," kata Shoimah.

 

Bagi Shoimah, saat ini sulit mencari penulis perempuan yang mencerahkan lingkungan. "Untuk itu perlu membaca dan belajar lingkungan agar lebih mengenal dan bisa ditulis," tandas Shoimah menambahkan generasi muda harus memiliki keahlian ilmu pengetahuan yang didasari iman.

 

Oleh karena itu, Madrasah Mu'allimaat Muhammadiyah Yogyakarta senantiasa meneguhkan diri sebagai institusi pendidikan Muhammadiyah tingkat menengah yang unggul dan mampu menghasilkan kader ulama, pemimpin dan pendidik. "Sebagai pembawa misi gerakan Muhammadiyah," kata Shoimah.

 

Pada kesempatan itu, kslas X dan XI melakukan kegiatan market day untuk kelas sosial dan kelas program ilmu alam melaksanakan sciece show. Sementara itu, untuk tingkat tsanawiyah (SMP) melakukan kegiatan ekstra show dan sosiodrama. Adapun bimbingan konseling (BK) Mu'allimaat menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi dalam dan luar negeri untuk konsultasi minat kuliah siswi nantinya. (Affan)

 

Berita Terkait