Tue,21 November 2017


Bersama MPR RI Siswi Mu'allimaat Ikuti Sosialisasi Empat Pilar

Indofakta 2017-10-24 17:56:44 Edukasi
Bersama MPR RI Siswi Mu'allimaat Ikuti Sosialisasi Empat Pilar

YOGYAKARTA -- Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) diamanahkan Undang-Undang untuk melakukan kegiatan pemahaman nilai-nilai luhur bangsa kepada masyarakat melalui sosialisasi empat pilar MPR RI.

Hal itu dikatakan Drs H Zainut Tauhid Sa'adi, MSi, anggota Komisi IV DPR/MPR RI dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Daerah Pemilihan Jawa Tengah IX, di depan siswi kelas 5 Madrasah Mu'allimaat Muhammadiyah Yogyakarta, siang hari ini.

Madrasah Mu'allimaat Muhammadiyah Yogyakarta bekerjasama dengan MPR RI mengadakan sosialisasi empat pilar kebangsaan dengan narasumber Wakil Ketua Badan Sosialisasi MPR RI, Drs H Zainut Tauhid Sa'adi, MSi.

Laki-laki kelahiran Jepara, 20 Juli 1963 mengatakan, pekerjaan dan jabatan adalah sebuah pengabdian dan ajang untuk berkarya. "Untuk itu harus dilakukan penuh tanggung jawab," kata Zainut Tauhid Sa'adi, yang mengawali karir politiknya melalui Ikatan Pelajar Nahdatul Ulama (IPNU) dan sempat bertugas di Komisi VIII DPR RI.

Bagi Zainut Tauhid, memberikan pemahaman kepada pelajar sangat efektif. Sebab, jika mereka memahami betul nilai-nilai luhur bangsa, maka mereka akan bijak. "Apabila kelak mereka menjadi pejabat publik," tandas Zainut.

Siswi Madrasah Mu'allimaat Muhammadiyah Yogyakarta, menurut Zainut Tauhid, sebagai generasi penerus bangsa harus memahami empat pilar kebangsaan. Yaitu, Pancasila sebagai dasar negara UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945 sebagai konstitusi negara, NKRI sebagai negara. "Dan bhinneka tunggal ika sebagai semboyan kita," tegas Zainut.

Seperti disampaikan Zainut Tauhid Sa'adi, program sosialisasi empat pilar kebangsaan sudah dimulai sejak tahun 2004 lalu. "Dengan tujuan utama menjaga keutuhan negara Indonesia," papar Zainut.

Ditambahkan Zainut, setiap anggota MPR memiliki kewajiban untuk menyosialisasikan empar pilar itu kepada seluruh lapisan masyarakat.

"Tentu, tidak hanya pelajar yang menjadi sasaran sosialisasi, tapi juga seluruh lapisan masyarakat," kata Zainut Tauhid Sa'adi.

Direktur Mu'allimaat Muhammadiyah, Agustyani Ernawati, SPd, mengucapkan terima kasih kepada Zainut Tauhid Sa'adi yang sudah meluangkan waktu untuk menyosialisasiian empat pilar kebangsaan di Madrasah Mu'allimaat Muhammadiyah Yogyakarta.

"Ini akan semakin membuka cakrawala pengetahuan siswi dan memupuk rasa kebangsaan mereka," kata Agustyani Ernawati yang juga sampaikan visi dan misi Mu'allimaat.

Dikatakan Agustyani, tujuan acara itu untuk membangkitkan ghirah kebangsaan di kalangan siswi Mu'allimaat agar empat pilar kebangsaan itu dipahami oleh para siswi. "Agar mereka punya jiwa nasionalis," tandas Agustyani Ernawati. (Affan)

Berita Terkait