Tue,21 November 2017


Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi

Indofakta 2017-10-18 16:04:33 Iptek
Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi

YOGYAKARTA -- Kegiatan sinergi antara event "Batik to the Moon" dengan "Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi" yang diketuai Dr Dedy Permadi dan difasilitasi Gerakan Cinta Batik sebagai Mahakarya Indonesia akan berlangsung pada 25-29 Oktober 2017 di Yogyakarta.

 

Wujud sinergi itu berupa launching lagu "Batik Nuswantara" karya L Agus Wahyudi Minarko dengan penyanyi Livy Laurens. Dan, lagu ini merupakan Juara 3 Lomba Cipta Lagu Daerah berbahasa Jawa, yang menggambarkan batik sebagai media untuk menanamkan nilai-nilai budaya.

 

Seperti disampaikan Livy Laurens, Gerakan Cinta Batik sebagai Mahakarya Indonesia adalah jejaring pecinta batik yang terpanggil untuk melestarikan budaya batik untuk membangkitkan semangat kebangsaan, kebhinnekaan dan kearifan lokal.

 

Menurut Livy, Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi adalah gerakan untuk membangkitkan kemartabatan dalam dunia digital. "Dengan melawan bentuk-bentuk penyimpangan dan penyalahgunaan seperti hoax, ujaran kebencian, cyber bullying, cyber radicalism dan sebagainya," kata Livy, Rabu (18/10).

 

Gerakan ini didukung banyak lembaga pemerintah dan non-pemerintah, di antaranya Kemensetneg, Kemenkominfo, Kemendikbud dan lain-lain. Rencana, launching gerakan ini akan diadakan di Jakarta pada 28 Oktober 2017 oleh Presiden RI Joko Widodo.

 

Dalam kegiatan "Batik to the Moon" akan dilaksanakan pencantingan pertama seri kain "Batik Siberkreasi" oleh Gubernur DIY, Sri Sultan HB X, didampingi Menkominfo Rudiantara, sebagai simbol pembukaan event "Batik to the Moon". Setelah pencantingan pertama "Batik Siberkreasi", yang merupakan kain batik tulis yang motif dan ornamennya mengandung pesan nilai-nilai luhur peradaban digital, akan diselesaikan oleh para seniman yang dikelola Gerakan Cinta Batik sebagai Mahakarya Indonesia dan Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi.

 

Tujuan pengkaryaan "Batik Siberkreasi" ini, menurut Livy Laurens, untuk memberi energi pesan positif bagi Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi. "Gerakan melawan kejahatan dan penyimpangan digital berupa hoax, ujaran kebencian, cyber bullying, cyber radicalism dan sebagainya," tandas Livy.

 

Pengkaryaan "Batik Siberkreasi" ini, melibatkan jejaring seniman yang dikelola oleh Gerakan Cinta Batik sebagai Mahakarya Indonesia dan Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi.

 

Di sela-sela event "Batik to the Moon" akan digelar "IG Challange", yaitu lomba media sosial yang membuat konten-konten positif dalam media Instagram, dengan hadiah menarik bernilai jutaan rupiah. (affan)

 

Berita Terkait