Tue,21 November 2017


Polisi Bentuk Team Khusus Buru Petugas BRI Yang Gelapkan Rp 6 miliar

Indofakta 2017-10-17 22:50:14 Hukum / Kriminal
Polisi Bentuk Team Khusus Buru Petugas BRI Yang Gelapkan Rp 6 miliar

Medan-Lemahnya pengawasan pihak Bank BRI terhadap pegawai 2 Pegawai Tambahan Kas Kantor (TKK) yang melarikan uang Rp6 miliar dinilai merupakan preseden buruk bagi dunia perbankan.

‎”Saya terkejut ada oknum pegawai Bank BRI yang melarikan uang dan tentunya kejadian ini akan mencoreng nama baik perbankan kita. Tidak hanya BRI saja, namun BRI lah yang mendapatkan tekanan paling besar,” kata Pengamat Ekonomi, Gunawan Benjamin Selasa (17/10).

‎‎Terkait dengan adanya kemungkinan pelanggaran SOP pada saat kejadian, lanjutnya, biarlah pihak yang berwajib ataupun otoritas jasa keuangan yang menentukan. Walaupun sejumlah saksi menyebutkan bahwa tidak ada pengawalan saat proses pengiriman uang tersebut.

“Sekali lagi saya tekankan biarkan aparat penegak hukum serta otoritas terkait yang bekerja,” katanya.‎

Sementara, terkait dengan nasabah Bank BRI, tidak ada alasan apapun untuk kuatir dengan kejadian ini. Uang nasabah tetap akan aman, karena dijamin LPS. Kejadian seperti ini tidak akan mengganggu transaksi keuangan nasabah di Bank BRI.

“Jadi tidak perlu panik atau merespon berlebihan dan jangan terhasut dengan berita-berita yang belum tentu benar sumbernya. Karena sekecil apapun kejadian yang bisa dijadikan wacana menyesatkan, berpeluang beredar di tengah masyarakat,” katanya.

“Kita harapkan masyarakat bijak menyikapi hal tersebut. Kejadian yang mirip seperti ini memang bukan yang pertama, namun kejadian ini jelas akan mencoreng nama baik industry keuangan kita khususnya perbankan,” sambungnya.

Diketahui sebelumnya, ‎2 orang petugas TKK (Tambahan Kas Kantor) BRI Putri Hijau, dilaporkan ke Polrestabes Medan lantaran menggelapkan uang Rp6 Milyar dan 1 unit mobil kantor jenis Xenia warna hitam BK 1602 EB.(Jos)
 

Berita Terkait