Tue,21 November 2017


Tahun 2018, Wayang Jogja Night Carnival Diadakan di Malioboro

Indofakta 2017-10-12 06:37:50 Serba Serbi
Tahun 2018, Wayang Jogja Night Carnival Diadakan di Malioboro

YOGYAKARTA - Pada puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-261 Kota Yogyakarta yang jatuh pada tanggal 7 Oktober 2017, digelar "Wayang Jogja Night Carnival" dan Kecamatan Danurejan meraih juara terbaik pertama, disusul Kecamatan Kotagede dan Kecamatan Umbulharjo. Dan, juara favorit diraih Kecamatan Wirobrajan. 

 

Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti, didampingi Wakil Walikota, Heroe Poerwadi, serahkan hadiah itu di sela-sela acara "Jenang Sumsuman" di Ruang Bima Komplek Balaikota Timoho, Rabu (11/10).

 

"Semoga peraih juara ini dapat memberi motivasi kecamatan lainnya untuk lebih meningkatkan kreasinya di gelaran wayang Jogja night carnival tahun depan," kata Haryadi.

 

Menurut Haryadi, ke depan akan ada banyak kreasi yang bisa diangkat dari tema wayang ini. "Saya yakin, pada penyelenggaraan selanjutnya akan semakin baik," papar Haryadi yang menambahkan tanggapan masyarakat selama dua kali penyelenggaraan sangat baik.

 

Berkaitan acara jenang sumsuman itu, dijelaskan Haryadi, untuk mengevaluasi rangkaian kegiatan peringatan HUT ke-261.

 

Diharapkan, "Wayang Jogja Night Carnival" mampu menembus agenda wisata nasional. "Karena kegiatan karnaval itu memiliki keunikan," tandas Haryadi menerangkan tema yang diangkat adalah cerita di balik tokoh pewayangan.

 

Untuk itu, "Wayang Jogja Night Carnival" akan diusulkan ke Kementerian Pariwisata untuk menjadi bagian dari agenda wisata nasional. "Meski ada beberapa syarat yang harus dipenuhi," tandas Haryadi. 

 

Adapun syarat itu, salah satunya, jumlah penyelenggaraan kegiatan lima tahun berturut-turut.

 

Dan ke depan, kegiatan itu akan dilakukan perubahan lokasinya dari seputaran Tugu ke kawasan Malioboro. (Affan)

Berita Terkait