Tue,21 November 2017


Menumbuhkan Kesadaran Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Indofakta 2017-10-05 16:36:38 Edukasi
Menumbuhkan Kesadaran Keselamatan dan Kesehatan Kerja

YOGYAKARTA - Rektor Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta, Dr Kasiyarno, M.Hum, di sela-sela kegiatan 3rd UAD International Conference on Public Health "Improving Occupational Health and Safety Culture to Increase Quality of Life Towards Safe, Healthy and Productive Community" yang diadakan Fakultas Kesehatan Masyarakat UAD, Kamis (5/10), menyoal berkaitan dengan keselamatan kerja di dunia industri. 

 

Didampingi Oktomi Wijaya, SKM, MSc (ketua panitia) dan Ahmad Ahid Mudayana, SKM, MPH (humas), Kasiyarno mengatakan, masih banyak kejadian kecelakaan kerja yang menimpa para pekerja di berbagai perusahaan dikarenakan masih rendahnya budaya serta perilaku pekerja dalam menerapkan keselamatan kerja.

 

Sebagai perguruan tinggi, bagi Kasiyarno, harus memiliki kepedulian terhadap masyarakat. "Khususnya dalam pembinaan terhadap perusahaan karena menyangkut hajat hidup orang banyak, terutama dalam mewujudkan keselamatan kerja," kata Kasiyarno, yang menerangkan hal itu berdampak pada sustainability atau keberlangsungan dari perusahaan.

 

Menurut Kasiyarno, dalam menerapkan keselamatan dan kesehatan kerja perlu ada campur tangan dari perguruan tinggi dalam menumbuhkan kesadaran keselamatan kerja. "Khususnya melalui penyuluhan, penelitian dan penemuan di dalam industri," tandas Kasiyarno.

 

Selain itu, papar Kasiyarno, perguruan tinggi juga bisa memberikan asistensi terhadap pekerja dalam memanfaatkan teknologi. "Karena masih banyak perusahaan yang abaikan keselamatan kerja," kata Kasiyarno, yang menambahkan perusahaan masih memandang pelatihan terhadap pekerja dalam menggunakan peralatan kerja bisa mengurangi keuntungan.

 

Dikatakan Kasiyarno, untuk mewujudkan budaya kerja yang aman, sehat dan nyaman, banyak perusahaan berpendapat hal itu bisa mengurangi profit atau keuntungan. (Affan)

Berita Terkait