Tue,21 November 2017


SMAN 4 Cimahi Ajarkan Siswa Bakti Sosial Lewat Donor Darah

Indofakta 2017-09-29 18:35:15 Edukasi
SMAN 4 Cimahi Ajarkan Siswa Bakti Sosial Lewat Donor Darah

CIMAHI -- - Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 4 Cimahi, gelar kegiatan donor darah di SMAN 4 Cimahi, jalan kihapit barat, Leuwi gajah, Kota Cimahi, Jumat, (29/9/17).


Menariknya kegiatan ini diselenggarakan oleh siswa-siswi yang tergabung dalam Palang Merah Remaja (PMR) SMA 4 Cimahi. hampir seluruh panitia adalah siswa siswi. Tujuannya tidak lain untuk mengajarkan siswa - siswi ini melakukan bakti sosial dan Peduli terhadap sesama manusia.


"Ini anak-anak sedang menggelar donor darah, agar mereka terbiasa bakti sosial dan membantu sesama," kata Wawan selaku wakil kepala sekolah SMA 4 Cimahi bidang kesiswaan.


Panitia kegiatan yang tidak lain adalah siswa siswi SMAN 4 Cimahi terlihat sangat bersemangat dalam menjalankan tugas-tugas mereka sebagai panitia penyelenggara.


"Jadi biar siswa siswi SMA Negeri 4 Cimahi itu terbiasa dengan donor darah, selain itu biar anggota PMR juga tau, bahwa dia tugasnya bukan hanya ngajak siswa donor darah tapi juga bisa mengadakan kegiatan donor darah," kata Ika Pramudia Rahayu selaku Humas PMR SMAN 4 Cimahi.

 

Kegiatan yang bertajuk "melalui sekantung darah selamatkan 1 jiwa dan beribu kebahagiaan" ini selain diikuti oleh siswa siswi kelas 11 dan 12 yang usianya diatas 17 tahun juga mengundang warga sekitar SMAN 4 Kota Cimahi.

 

"Yang dari kelas 11 sama 12  yang usianya udah 17 tahun ke atas, selain itu kami juga mengundang dari luar atau warga sekitar," pungkas Ika.

 

Untuk transfusi darah siswa siswi ini bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bandung. Namun sebelumnya telah melayangkan pemberitahuan pada PMI Cimahi.

 

"Kita kerja sama dengan pihak sekolah, dan PMI Bandung yang melakukan transfusi darahnya," tutur gadis kelas 12 SMAN 4 Cimahi ini.

 

Kedepannya kegiatan ini akan terus dilakukan, bahkan akan ditingkatkan menjadi 3 kali dalam setahun, sebelumnya PMR SMA 4 Cimahi hanya melakukan 2 kali dalam setahun.


"Ini akan berlanjut terus, sekarang baru 2 kali setahun, kedepannya akan diadakan 3 kali setahun," Tukasnya.

 

Tak hanya panitia yang terlihat antusias, siswa - siswi yang mendonorkan darahnya juga terlihat senang, Faza salah satu siswa yang mendonorkan darahnya terlihat sangat senang, meski dirinya merasa takut sebelumnya, namun Dirinya merasa senang karena bisa membantu orang lain.

 

"Saya senang dengan adanya kegiatan seperti ini, karena bisa membantu orang, Awalnya takut, setelahencoba ternyata tidak apa-apa," jelas Faza. (faisal)

Berita Terkait