Tue,21 November 2017


Kejagung dan Kemendikbud Tanda Tangani Nota Kesepakatan Kerja sama

Indofakta 2017-09-28 17:34:23 Nasional
Kejagung dan Kemendikbud Tanda Tangani Nota Kesepakatan Kerja sama
JAKARTA - - Jaksa Agung RI HM.Prasetyo dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Prof.Muhadjir Effendi menandatangani Nota Kesepakatan terkait kerja sama  Kordinasi dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi kedua Instansi,penandatanganan berlangsung di Sasana Pradana,Kejaksaan Agung RI,jalan Hassanuddin no.1 Jakarta Selatan,Kamis ( 28/9/17 )

 

Kerja sama yang di bangun antara Kejagung dan Kemedikbud meliputi pemberian bantuan hukum di bidang perdata dan tun,pengawalan dan pengamanan oleh TP4 ( Tim Pengawal dan Pengamanan Pembangunan Pemerintah ) Kordinasi dan optimalisasi pemulihan asset.

 

Selain itu juga terkait Program Jaksa Masuk sekolah,permintaan data,informasi/ keterangan saksi dalam perkara pidana dan juga pengembangan sumberdaya manusia.

 

“Kami harap dukungan dari jajaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), agar program Jaksa Masuk Sekolah dapat dimasukkan ke dalam kurikulum pembelajaran antikorupsi, pada pendidikan di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA).” Ujar Jaksa Agung HM Prasetyo.

 

Dikatakannya, program yang sudah berlangsung sejak tahun 2015 itu dinilai dapat membekali peserta didik soal kesadaran hukum dan kepatuhan hukum sejak dini, program itu juga bisa membangun karakter peserta didik mulai dari pelajar sampai mahasiswa.

 

“Sehingga dapat membentengi dirinya dan keluarga dari berbagai kejahatan, termasuk melakukan kecurangan yang berujung pada korupsi.” Katanya.

 

Lebih lanjut Prasetyo menegaskan, permasalahan dalam sector pendidikan masih kerap terkjadi,seperti penyimpangan pengelolaan dan penyalahgunaan dana pendidikan, kenakalan pelajar yang mengarah pada tingkah tindakan kriminal.

 

Sementara itu, menurut Menteri Mendikbud Prof. Muhadjir Effendy mengatakan, kerja sama ini sangat penting bagi Kemendikbud, selanjutnya akan dilakukan di tingkat Kejaksaan Tinggi dan Dinas Pendidikan di seluruh Indonesi.

 

Dalam kesempatan yang sama,perjanjian kerjasama juga di tandatangani oleh Plt.Wakil Jaksa Agung Dr.Bambang Waluyo,Jaksa Agung Muda Intelijen Dr.Adi Toegarisman dan Plt.Jaksa Agung Muda Perdata dan tata Usaha Negara Dr.Norrochmad dengan para Direksi Kemedikbud serta di ikuti bersama oleh Kepala Kejaksaan Tinggi dan Pemerintah Profinsi ( Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan ) di mana pelaksanaan penandatanganan di daerah masing-masing melalui sarana Video Conference. ( Muzer )

 

 

Berita Terkait