Sun,19 November 2017


Penyelenggaraan Pendidikan Di Sumedang dinilai telah positif

Indofakta 2017-09-26 15:01:27 Edukasi
Penyelenggaraan Pendidikan Di Sumedang dinilai telah positif

SUMEDANG -- Kondisi eksisting dunia pendidikan yang diselenggarakan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sumedang, sejauh ini menunjukan perkembangan yang positif.

 

Hal itu dilontarkan Bupati Sumedang, H. Eka Setiawan yang hadir bersama Hj. Hanne Budhi Eka Setiawan selaku Bunda PAUD saat menghadiri sekaligus membuka secara resmi kegiatan Pembinaan Guru Taman Kanak-Kanak di Gedung Islamic Centre, Selasa, (26/9/2017).

 

“Kalau melihat perkembangan Sumedang dalam hal pendidikan, saya kira cukup positif. Itu semua terlihat dari berbagai prestasi yang berhasil diraih, baik oleh para tenaga pendidik maupun siswa dalam berbagai event kejuaraan bidang pendidikan yang diselenggarakan baik di tingkat Kabupaten maupun Provinsi,” terangnya.

 

“Ini semua (raihan prestasi) tentu berkat pengabdian dan dedikasi dari para Guru, yang secara tidak langsung telah turut mengharumkan Kabupaten Sumedang,” imbuhnya.

 

Pada kesempatan tersebut, Eka juga mengatakan bahwa Guru TK merupakan sebuah profesi yang sangat penting dalam dunia pendidikan. Hal itu karena profesi Guru TK bertugas membangun pondasi awal bagi anak-anak sebelum mengenyam pendidikan di atasnya.

 

“Mudah-mudahan para Guru TK dapat terus menekuni profesinya dengan sebaik-baiknya, karena disadari atau tidak, Taman Kanak-Kanak juga merupakan salah satu program pemerintah guna mencerdaskan bangsa,” ujar Eka.

 

Sementara itu, Ketua Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI) Kab. Sumedang, Hj. Nani Suarni menyampaikan, dalam kurun sepuluh hari di Bulan September tahun 2017 saat ini, IGTKI telah berhasil menggelar beberapa kegiatan besar, seperti halnya kegiatan Manasik Haji bagi anak-anak TK yang diikuti lebih dari tujuh ribu peserta, Diklat Dasar Generasi Cerdas Bangsa, Pekan Olah Raga dan Seni Tingkat Kab. Sumedang serta kegiatan yang dilaksanakan pada saat itu yakni Pembinaan bagi para Guru TK yang diikuti oleh sekitar 600 orang peserta dari seluruh kecamatan se-kabupaten Sumedang.

 

“Kegiatan yang kita ikuti saat ini terselenggara bukan hanya atas prakarsa IGTKI Kabupaten saja, tapi ini juga merupakan program lima tahunan yang diinisiasi oleh IGTKI Provinsi Jawa Barat,” ungkap Nani.

 

Selain melaporkan perihal kegiatan yang diselenggarakan saat itu, Nani memanfaatkannya pula untuk meminta bantuan sarana & prasarana kepada Bupati Sumedang, terkait pelaksanaan Porseni Tingkat Provinsi Jawa Barat, yang akan digelar sekitar Bulan November mendatang, sekaligus dirinya juga mengungkapkan keinginan IGTKI Kab. Sumedang agar memperoleh gedung sekretariat yang representatif.

 

Menanggapi hal tersebut, Bupati Eka mengatakan dirinya akan turut memberikan dukungan terhadap kegiatan IGTKI Kab. Sumedang, serta akan mempertimbangkanya sehingga IGTKI mempunyai gedung yang representatif.

 

“Terkait adanya permohonan dari IGTKI (Bangunan Gedung Sekretariat IGTKI), nanti lah kami akan pertimbangkan. Kemudian untuk Porseni tingkat Provinsi, nanti saya fasilitasi bus untuk keberangkatannya,” tukas Eka.

 

Seusainya membuka acara secara resmi, Bupati Eka bersama rombongan pun langsung bertolak menuju Desa Bangbayang Kecamatan Situraja untuk menghadiri Launching dan pengukuhan pengurus Kampung Keluarga Berencana desa setempat. (hms/sgt)

Berita Terkait