Sat,23 September 2017


Digitalisasi Kegiatan Lustrum SMA Negeri 3 Yogyakarta

Indofakta 2017-09-14 17:26:27 Iptek
Digitalisasi Kegiatan Lustrum SMA Negeri 3 Yogyakarta

YOGYAKARTA -- Reuni, selalu menjadi ajang saling update kabar berita di antara sesama alumni, setelah sekian lama tidak berjumpa. Kenangan-kenangan masa bersama seolah bermunculan dan hidup kembali. Memberikan dan membangkitkan semangat kembali untuk berbagi dan berkolaborasi.

 

Untuk lebih mengefektifkan keinginan saling update kabar, saling share berbagi kenangan bersama, saling berkolaborasi dan sinergi alumni, dibangun satu aplikasi Lustrum Padmanaba, yang disupport MD Media, anak perusahaan Telkom yang bergerak di bidang digital marketing, yang CEO-nya adalah Syaifudin.

 

"Sebagai alumni, tentu saya senantiasa ingin memberikan kontribusi terbaik bagi almamater," kata Syaifudin, alumni Padmanaba, yang menambahkan aplikasi Lustrum Padmanaba dapat memberikan manfaat dalam memfasilitasi ajang silaturami dan kolaborasi alumni Padmanaba.

 

Seperti disampaikan Satriyo Yudhianto, Ketua 1, seluruh alumni dapat mengunduh aplikasi Lustrum Padmanaba di google playstore dan di appstore dengan mudah. 

 

Untuk meyakinkan bahwa data alumni yang diregisterkan akurat, sistem akan melakukan verifikasi dengan pengiriman kode tertentu melalui notifikasi SMS.

 

Aplikasi Lustrum Padmanaba, dikatakan Syaifudin, pada tahap awal ini fokus pada penyampaian informasi terkait Lustrum Padmanaba XV yang akan dilaksanakan tanggal 15-19 September 2017. 

 

Berbagai informasi acara dipublish pada aplikasi Lustrum Padmanaba. Di menu kegiatan ada sekitar 15 kegiatan mulai dari nonton bareng Sendratari Ramayana, Padmanaba berbakti, Padmanaba padzar malam, Padmanaba Festival Bregada, Padmanaba padzar pagi, Padmanaba run, Pad's golf, Padmanaba career day, Padmanaba tasyakuran, Padmanaba upacara bendera, Padmanaba wisata rally, Padmanaba Musyawarah Nasional, Padmanaba membangun, Padmanaba lomba meme dan padzakestra. 

 

Dengan sekian banyak kegiatan ini, alumni yang tersebar di berbagai wilayah dapat dengan mudah register pada kegiatan yang dipilih. Sistem aplikasi Lustrum Padmanaba akan mengirimkan barcode sebagai ID registrasi yang nantinya pada saat acara, petugas akan scan barcode dalam waktu kurang dari 10 detik.

 

'Sehingga data alumni yang hadir langsung tercapture di database aplikasi untuk mengikuti undian doorprize dan pengkayaan database alumni secara otomatis," jelas Syaifidin, yang menambahkan registrasi digital ini dapat menggantikan proses registrasi manual yang harus mengisi buku tamu dan kemudian masih diperlukan proses entry database jika ingin mengumpulkan data alumni secara komprehensif.

 

Selain fitur registrasi digital, aplikasi Padmanaba juga menyiapkan menu untuk saling sharing foto, baik foto yang didapat dengan selfie atau wefie pada saat acara berlangsung maupun foto kenangan masa sekolah. "Untuk menambah keseruan dapat ditambahkan comment pada caption foto, yang secara langsung dapat diupload alumni ke aplikasi melalui handphone yang telah diregisterkan," papar Bambang Parmana Hadi, Ketua 2.

 

Pada kegiatan sosial seperti Padmanaba Membangun, aplikasi Lustrum Padmanaba dapat mengumpulkan alumni yang bersedia bergabung untuk berdonasi, dengan klik bergabung. Database donator akan direportkan melalui aplikasi kepada Panitia Padmanaba Membangun untuk diproses lebih lanjut.

 

Pada sisi komersial, selain menayangkan branding logo sponsor kegiatan, aplikasi Lustrum Padmanaba juga dapat menampilkan promosi produk yang dihasilkan oleh alumni.

 

Bagi Dida Chandra S, salah satu panitia, hadirnya aplikasi ini diharapkan dapat menjadi salah satu media untuk menjalin kerja sama dan kolaborasi secara interaktif di saat lustrum atau di masa yang akan datang. "Untuk terus berbakti, berbagi dan bersinergi," tandas Dida Chandra. (affan)

 

Berita Terkait