Thu,23 November 2017


Wagubsu Lepas Dua Mahasiswa Sumut Beasiswa Studi S2 ke RRT

Indofakta 2017-09-12 22:02:10 Daerah
Wagubsu Lepas Dua Mahasiswa Sumut Beasiswa Studi S2 ke RRT

MEDAN- Menindaklanjuti kerjasama antara Pemerintah Provinsi Sumut dan RRT di bidang pendidikan, dua mahsiswa Sumut mendapatkan beasiswa S2 bidang kesehatan dari Pemerintah China. Keberangkatan keduanya dilepas oleh Wakil Gubsu Dr. Nurhajizah Marpaung , Selasa(12/9).

“Kalau tahun ini yang berangkat dan mendapatkan beasiswa dua orang, kita harapkan tahun depan yang mendapatkan bisa dua puluh orang, kita sangat berharap banyak mahasiswa kita yang bisa melanjutkan studinya ke RRT terutama ke Guangzhou,” ujar Nurhajizah.

Turut hadir dalam acara yang digelar di kediaman konjen RRT di Medan, Sun Ang tersebut Rektor USU, Runtung Sitepu, Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) USU, Ida Yustina, Kadis Pendidikan Provsu, Arsyad Lubis. Dua mahasiswa yang mendapatkan beasiswa yakni Muhammad Aditya Kurnia dengan orangtuanya Wahyu Kurnia dan Chairul Lilian Sari serta mahasiswa Kelsa Wilantari dan orangtuanya yakni Toto Edi Sutiono dan Basariah.

Dalam kesempatan itu, Nurhajizah mengucapkan terima kasih kepada pemerintah RRT yang telah memberikan kesempatan dan beasiswa kepada mahasiswa di Sumut untuk dapat melanjutkan studi di Guangzhou. “Kami sangat mengharapkan akan lebih banyak lagi kesempatan bagi pelajar di Sumut untuk melanjutkan pendidikan di sana. Sebab, Sumut akan terus berupaya agar dapat menjalin kerjasama di bidang pendidikan dengan negara-negara luar,” jelas Nurhajizah.

Dalam kesempatan itu, Nurhajizah berpesan kepada dua mahasiswa yang mendapatkan beasiswa untuk belajar di Guangzhou agar dapat mempromosikan Sumut selama belajar dua tahun di sana. “Saya berharap agar kalian dapat mempromosikan Sumut dalam setiap kesempatan yang ada di sana. Jangan sia-siakan waktu dan kesempatan selama berada di sana. Sebab waktu tidak akan kembali lagi. Makanya manfaatkanlah sebaik-baiknya,” pesan Nurhajizah.

Konjen RRT di Medan, Sun Ang mengatakan, program beasiswa yang diberikan pihaknya kepada dua mahasiswa dari USU ini merupakan program tindaklanjut kerjasama antara pemerintah Provinsi Sumut dengan pemerintah provinsi Guangzhou. “Kami juga mengharapkan ke depan bisa lebih banyak lagi mahasiswa asal Sumut yang belajar di China,” ujar Sun Ang.

Selain itu, Sun Ang juga mengatakan kalau pemerintah RRT juga sangat tertarik untuk bisa bekerjasama dengan Pemprovsu dalam berbagai bidang. Pihaknya juga akan berupaya untuk mendatangkan wisatawan dan investor ke Sumut. “Kami sangat tertarik dengan pulau Nias dan kami akan berupaya untuk mendatangkan wisatawan ke Sumut. jadi kalau wisatawan dari China ke Indonesia tidak hanya sekadar ke Bali, tapi juga ke Sumut. Selain itu, kami juga tertarik untuk melihat proses pembuatan kopi luwak, ini sangat menarik bagi masyarakat China,” jelas Sun Ang.

Rektor USU, Runtung Sitepu mengucapkan terima kasih kepada pemerintah China yang telah memilih dua mahasiswa USU untuk melanjutkan studi ke China. “Kami sangat bangga karena mahasiswa USU yang mewakili Indonesia untuk melanjutkan studi di China. Kami harapkan kerjasama ini dapat terjalin terus menerus,” ujar Runtung.(Rafa)
 

Berita Terkait