Thu,23 November 2017


Ketua MPR Dukung Pusat Kajian Kejaksaan Unhas Dorong Penguatan Kejaksaan

Indofakta 2017-09-12 20:18:28 Nasional
Ketua MPR Dukung Pusat Kajian Kejaksaan Unhas Dorong Penguatan Kejaksaan
JAKARTA -- Ketua MPR RI Dr ( HC )  Zulkifli Hasan ( kiri ) menerima kunjungan Kajati ( Kepala Kejaksaan Tinggi ) Sulawesi Selatan Dr.Jan S Maringka dan  Dekan Fakultas Hukum Universitas Hassanudin selaku penanggung Jawab Pusat kajian Kejaksaan Prof.Farida Patitinggi di Rauang kerjanya di Komplek DPR / MPR-RI Senayan,Jakarta,Selasa ( 12/9/17 ) siang.
 

Pertemuan  itu di maksudkan untuk membahas tindak lanjut rekomendasi Penyerapan Aspirasi Masyarakat MPR RI dengan tema “Penguatan Kejaksaan dalam Sistem Ketatanegaraan Indonesia “ yang diselenggarakan pada tanggal 26 Agustus 2017 di Makassar, yang menghasilkan point  penting  berupa peran serta MPR RI dalam menyerap dan menyuarakan aspirasi masyarakat terkait jaminan konstitusional terhadap Kemandirian Kejaksaan, yang dirasakan semakin menguat belakangan ini.

 

Dalam pertemuan itu Ketua MPR sangat mendukung upaya yang dilakukan Pusat Kajian Kejaksaan Universitas Hasanuddin (Unhas) dalam menguatkan Kejaksaan Indonesia.

 

Penanggung Jawab Pusat Kajian Kejaksaan Prof.Farida Patittingi menjelaskan jika Ketua MPR telah mengkonfirmasi kehadirannya dalam kegiatan lanjutan Penguatan Kejaksaan dalam Sistem Ketatanegaraan Indonesia yang akan diselenggarakan 10 Oktober mendatang.

 

Bersama dengan Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan Dr.Jan S Maringka, pertemuan itu juga  membahas tentang  masalah-masalah yang ada dalam Kejaksaan Indonesia saat ini.

 

Peran MPR Menyerap Aspirasi

Salah satunya, bagaimana peran serta MPR RI dalam menyerap dan menyuarakan aspirasi masyarakat terkait jaminan konstitusional terhadap Kemandirian Kejaksaan yang dirasa semakin menguat belakangan ini.

 

Kegiatan tersebut direncanakan melibatkan seluruh pemangku kepentingan (stakeholder) dalam amandemen konstitusi, termasuk para Guru Besar Hukum Tata Negara, Pimpinan Partai Politik, Para Wakil Rakyat dari Unsur DPR dan DPD serta komponen masyarakat lainnya.

 

Selain mengundang Ketua MPR-RI, kegiatan Aspirasi Masyarakat tersebut direncanakan akan menghadirkan Jaksa Agung RI sebagai Keynote Speaker, serta narasumber antara lain Prof. Dr. Jimly Asshiddiqie S.H. (Ketua Mahkamah Konstitusi RI 2003-2008), dan Prof. Dr. Syamsul Bahri, SH.MH(Guru Besar Hukum Tata Negara FH Unhas) serta pakar hukum lainnya di tanah air.

 

Diharapkan dengan dilibatkannya MPR RI pada pertemuan tersebut, maka akan semakin menguatkan semangat reformasi dibidang penegakan hukum Indonesia yang sampai saat ini dirasa masih belum menyentuh lembaga Kejaksaan.

 

Dalam kesempatan ini Kajati Sulselbar Dr.Jan S Maringka memberikan sebuah buku yang berjudul Reformasi Kejaksaan dalam Sistem Hukum Nasional yang merupakan karyanya sendiri kepada Ketua MPR-RI Zulkifli Hasan.( Muzer )

 

 

Berita Terkait