Sat,23 September 2017


FORUM OKP, ORMAS LSM BABAKAN CIPARAY BANDUNG GERUDUG PEMBANGUNAN MALL SUMBERSARI JUNCTION

Indofakta 2017-09-11 19:09:31 Daerah
FORUM OKP, ORMAS LSM BABAKAN CIPARAY BANDUNG GERUDUG PEMBANGUNAN MALL SUMBERSARI JUNCTION

BANDUNG - Forum ormas, Okp dan Lsm Kecamatan Babakan Ciparay Kota Bandung gerudug pembangunan mall Junction Sumbersari Indah (11/9/2017). Unjuk rasa Forum Ormas Okp Lsm Se -Kecamatan Babakan Ciparay itu bertujuan untuk menghentikan pembangunan gedung mall tersebut sesuai dengan  Surat Teguran yang telah dilayangkan oleh BPLH Kota Bandung.

 

Pihak Forum Ormas, Okp dan Lsm kepada indofakta online menyebutkan bahwa
Pembangunan gedung tersebut hingga kini diduga belum mengantongi Surat Ijin Mendirikan Bangunan (SIMB). "Kami melakukan demo ke lokasi tersebut karena pihak pengembang  melecehkan surat  Pemerintah Kota Bandung tersebut. Hasil mediasi antara pihak pengembang dgn forum ormas okp lsm dengan dimediasi oleh muspika bahwa pihak pengembang akan menghentikan sementara kegiatan sebelum ijin lainya terbit dan pihak pengembang juga akan mempertemukan pihak forum dgn pihak Junction dan Muspika. Apabila dalam 1- 3 hari masih juga ada kegiatan maka pihak forum akan mengadakan demo besar besaran dan tidak akan mengijinkan berdirinya gedung mall tersebut di daerahnya kalau tidak lengkap dan jelas ijinnya. Dengan kekuatan yang lebih besar lagi dan tidak akan lagi memberi ijin pembangunan gedung mall Junction Sumbersari Indah, kata salah satu dari Lsm, Irwan.

 

Sebelumnya Pemkot Bandung melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK sebelumnya bernama BPLHD) Kota Bandung pada tanggal 31 Agustus 2017 telah menyurati PT. Akur Pratama selaku pemilik Gedung Mall Sumbersari Indah. Surat Nomor : 660/2629 Perihal : Penghentian Kegiatan Pembangunan Pusat Perbelanjaan Yogya Sumbersari Junction antara lain menyebutkan bahwa, kondisi di lapangan telah ada kegiatan pembangunan pusat perbelanjaan Yogya Sumbersari Junction. Dalam surat tersebut, pihak DLHK menyatakan bahwa, dokumen Lingkungan Hidup (Amdal) akan merupakan persyaratan utama dalam melaksanakan usaha/kegiatan, demi terciptanya kondisi lingkungan yang tertib administrasi, tertib hukum dan tertib lingkungan. Sehubungan Amdal belum dimiliki perusahaan tersebut, maka pihak Pemkot Bandung meminta agar menghentikan kegiatan pembangunan sampai ijin lingkungan dan ijin lainnya.

 

Surat yang dtandatangani oleh Kepala Dinas LHK  Kota Bandung, HM Fauzi Salman, S.Ip., MSi itu dilayangkan karena pihak pengelola mall Sumbersari Indah Junction masih melakukan kegiatan pembangunan. Sampai saat in pihak pemilik gedung belum dapat dihubungi indofakta online. (Y CHS).

Berita Terkait