Thu,23 November 2017


Seleksi Panjang Ikuti Pameran Besar Seni Rupa ke-5 Tahun 2017 di Ambon

Indofakta 2017-09-11 11:38:22 Nasional
 Seleksi Panjang Ikuti Pameran Besar Seni Rupa ke-5 Tahun 2017 di Ambon

YOGYAKARTA -- Direktorat Kesenian, Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, mengumumkan hasil seleksi perpanjangan waktu Pameran Besar Seni Rupa ke-5 tahun 2017 di Taman Budaya Karangpanjang Provinsi Maluku, Ambon, pada 12-16 September 2017.

 

Berdasarkan hasil penilaian dewan juri Drs Pustanto, MM, Dr Timboel Rahardjo dan Drs Agus Sriyono, yang dilaksanakan pada 13 Juli 2017 di Ruang Sidang Direktorat Kesenian Gedung E Lantai 9 Kemendikbud RI Jakarta, dengan memperhatikan kelengkapan administrasi syarat keikutsertaan, CV dan portofolio peserta serta konsep karya yang dikompetisikan, peserta terpilih dari hasil seleksi perpanjangan waktu untuk mengikuti Pameran Besar Seni Rupa ke-5 tahun 2017 di Taman Budaya Provinsi Maluku, Ambon, adalah: Yusrizal Ibrahim (judul karya: Satu Dekade Pasca Tsunami dan MoU Helsinki) dari Aceh.

 

Disusul Putri Wulandari (Sweet Scallops in The Sea) dari Sumut, Agung Saputra (Cemburu) dari Kepulauan Riau, Merry Allen F Fernandez (Mo Bunni) dari NTT, Dede Stevanus (Malam di Barito) dan Damar Angga Saputra (Melamang) dari Kalimantan Tengah, Ilham Nasikin (Torang Bersodara & Mamaku) dan John Samuel (Tulusnya Cintaku) dari Sulawesi Utara. 

 

Kemudian, Syarief Munawar (Reality Bin Now) dan Elansyah Putra (Power: Kekuatan Spiritual) dari Sulawesi Tengah, Husain (Komposisi) dan Irmawati Maman Jamalong (Di Ko Tanah) dari Sulawesi Tenggara, Dicky Tjandra (Di Ujung Jari-jari) dari Sulsel.

 

"Untuk Provinsi Gorontalo, Maluku Utara dan Papua Barat, pesertanya belum memenuhi syarat," terang Dr Timboel Rahardjo.

 

Atas pertimbangan belum terpenuhinya jumlah kuota keseluruhan, yaitu sebanyak 66 peserta, maka Dewan Juri memilih calon peserta dari Riau, Jateng, Jabar, DKI Jakarta dan DIY, untuk memenuhi kuota itu. "Mengingat jumlah calon peserta dari provinsi-provinsi itu lebih banyak dan bisa memenuhi persyaratan secara kuratorial dalam pameran besar seni rupa ke lima," tandas Timboel.

 

Peserta yang lolos sebagai tambahan untuk memenuhi kuota itu adalah: Kodri Johan (Melestarian Tradisi) dari Riau, Yos Susilo (Perjalanan) dari DKI Jakarta, Muksin MD (Akae, Tubuh dan Tumbuh) dari Jabar, Anis Kurniasih (Utopia) dari Jateng dan Astuti Kusumo (The Fighter) dari D.I. Yogyakarta.

 

Menurut Timboel, peserta dari Maluku selaku tuan rumah akan diinformasikan secara khusus.

 

Kegiatan Pameran Besar Seni Rupa ke-5 diawali pengumuman terbuka pada 1 April 2017 - 15 Juni 2017, kurasi pada 15-20 Juni 2017 dengan kurator Timboel Rahardjo dan co kurator Agus Sriyono, dan pengumuman hasil kurasi pada 25 Juni 2017. (affan)

Berita Terkait