Thu,23 November 2017


600 KK WARGA DESA MARGALAKSANA TERIMA SERTIFIKAT TANAH

Indofakta 2017-09-10 16:56:11 Serba Serbi
 600 KK WARGA DESA MARGALAKSANA TERIMA SERTIFIKAT TANAH

SUMEDANG -- Bupati Sumedang H. Eka Setiawan hadiri acara peringatan Hari Jadi (Milangkala) Desa Margalaksana ke-9 dan Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-72 bertempat di depan kantor desa Margalaksana Kecamatan Sumedang Selatan, minggu (10/09/2017). Acara tersebut dirangkaikan pula dengan penyerahan secara simbolik Sertifikat Tanah oleh Bupati Sumedang kepada 7 orang warga Desa Margalaksana sekaligus peresmian penggunaan Aula PKK dan Rumah Pintar bagi warga Desa Margalaksana.

 

Hadir dalam kesempatan tersebut Asisten Pembangunan Hamim, Kepala BPBD Kabupaten Sumedang Ayi Rusmana, Camat Sumedang Selatan Heri Dewantara. El Presidente Brotherhood MC Indonesia Peggy Dian, tokoh masyarakat, alim ulama, Ketua dan anggota BPD serta LPMD, unsur TP PKK Kecamatan dan Desa, Karang Taruna dan warga setempat.

 

Kepala Desa Margalaksana, Andre Muchtar dalam kesempatan tersebut memaparkan kondisi desa yang dipimpinnya tersebut, menurut Andre, Desa Margalaksana merupakan desa yang paling bontot memiliki wilayah cukup luas dengan kontur daratan perbukitan,  hampir 60 persen lebih luas lahan Desa Margalaksana ini adalah tanah negara. Luas lahan negara mencapai 501 hektare dan yang dimohon jadi hak milik seluas 228 hektare.

 

 “Alhamdulilah setelah mengajukan permohonan kepada Bupati beberapa waktu yang lalu,   lahan yang semula milik negara kini secara legal menjadi hak milik warga yang pada hari ini ditandai dengan penyerahan secara simbolik Sertifikat tanah kepada 7 orang warga dari  total keseluruhan dengan jumlah 600 KK,” ucapnya. Selain itu lanjut andre, beberapa program pembangunan di Desa margalaksana terus dilakukan, “Insya allah besok beberapa titik kerusakan jalan di margapala akan mulai diperbaiki dengan menggunakan rabat beton dan diperkirakan akhir tahun ini selesai. kami juga akan merealisasikan relokasi bagi warga yang pasca bencana alam, dan pada hari ini kita juga memberikan hibah tanah untuk pembangunan rumah pintar bekerjasama dengan Bikers Brotherhood Mc indonesia bagi warga margalakasana,”

 

Sementara itu, Bupati Sumedang H. Eka Setiawan mengapresiasi terlaksananya Milangkala Margalaksana ini sebagai sebuah kegiatan yang positif, Eka mengatakan walaupun desa margalaksana terbilang masih muda, namun sudah banyak perubahan yang terlihat “mudah-mudahan kedepan Desa Margalaksana akan semakin maju, kuncinya adalah kebersamaan dan kekompakkan,” tandasnya.

 

Terkait dengan penyerahan sertifikat, Bupati eka menjelaskan bahwa Sertifikat yang diberikan kepada masyarakat tersebut merupakan hasil proses redistribusi dari tanah negara (ex perekebunan) menjadi tanah milik masyarakat. Bupati Eka berpesan kepada masyarakat yang memiliki tanah supaya mempergunakannya dengan sebaik-baiknya. “mulai hari ini tanah garapan dan tanah yang dijadikan tempat tinggal secara hukum sah milik menjadi bapak ibu, dengan sertifikat ini bapa ibu berhak mengelolanya untuk berbagai keperluan ” ucapnya.

 

Eka menambahkan khusus untuk relokasi pasca bencana Bupati Eka menjanjikan Pemerintah Kabupaten Sumedang akan membangun rumah relokasi kurang lebih 188. “dibawah ada satu kawasan 4,7 hektar relokasi akan dibangun rumah-rumah yang akan ditempati warga yang dulu pernah terjadi bencana” pungkasnya.

( shm/sgt)

Berita Terkait