Mon,25 September 2017


BPTBA LIPI Adakan Bulan Teknologi 2017

Indofakta 2017-09-09 11:45:51 Iptek
BPTBA LIPI Adakan Bulan Teknologi 2017

YOGYAKARTA -- Bertepatan ulang tahun emas LIPI ke-50, Balai Penelitian Teknologi Bahan Alam (BPTBA) LIPI adakan bulan teknologi 2017 dengan tema kiprah 50 tahun LIPI dengan budayakan teknologi untuk mendukung pemanfaatan bahan alam yang berdaya saing, Jum'at (8/9), di Hall Taman Pintar Yogyakarta. Sebelumnya, ada open house dan diseminasi pekan teknologi pada 2015 dan bulan teknologi sejak 2016.

Kegiatan dalam rangka pemasyarakatan hasil iptek dan layanan teknologi BPTBA LIPI sekaligus launching katalog produk unggulan BPTBA LIPI, dibuka Deputi Ilmu Pengetahuan Teknik (IPT) LIPI, Dr Laksana Tri Handoko, dan dihadiri Ir Riyadi Ida Bagus Salyo Subali, MM (Staf Ahli Gubernur DIY Bidang Ekonom dan Pembangunan), Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti, Kepala BPTBA LIPI Hardi Julendra, MSc, Deputi Bekraf Bidang Riset, Edukasi dan Pengembangan Dr Ing Abdur Rohim Boy Berawi, Deputi Bekraf Bidang Akses Permodalan Fadjar Hutomo, Afia Rosdiana (Direktur Taman Pintar) dan Ny Betsy Monoarfa selaku pengurus Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (GAPMMI).

"Selain itu, kegiatan ini untuk memberikan informasi agar masyarakat mengenal lebih dekat LIPI yang ada di daerah dan menjadi sarana pengenalan dan pembinaan iptek serta sosialisasi hasil penelitian bagi masyarakat, industri kecil maupun menengah," kata Hardi Julendra, Kepala BPTBA LIPI, Sabtu (9/9).

Di sisi lain, Deputi IPT LIPI, Laksana Tri Handoko, mengatakan, dalam rangka mendorong pelaku usaha kuliner tradisional agar memanfaatkan teknologi pengemasan yang lebih baik, pihaknya akan bekerja sama dengan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf).

"Juga mendorong munculnya wirwusaha muda baru yang bergerak di bidang kuliner tradisional," kata Laksana Tri Handoko, yang menambahkan nantinya iptek bisa memberikan dampak yang baik bagi masyarakat luas.

Laksana pun bersyukur, LIPI dan Pemkot Yogyakarta melakukan MoU (penandatanganan kerjasama) tentang pemanfaatan hasil penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan. "Hal itu sebagai bentuk dukungan LIPI bagi pengembangan iptek di Yogyakarta," papar Laksana. 

Terkait dengan pusat unggulan iptek dalam hal teknologi pengemasan makanan tradisional, pada 8-10 September 2017 diadakan pameran makanan tradisional Indonesia, industri makanan dan hasil riset serta perkembangan iptek.

Pada puncak acara bulan teknologi tahun ke-3 BPTBA LIPI, yang dimulai sejak Mei 2017 lalu, bertepatan ditunjuknya Balai Penelitian Teknologi Bahan Alam LIPI sebagai centre of excellent untuk riset teknologi pengemasan makanan tradisional. (affan)

Berita Terkait