Thu,23 November 2017


UAD Perkuat Kerjasama dengan Thailand

Indofakta 2017-09-07 15:30:22 Edukasi
 UAD Perkuat Kerjasama dengan Thailand

YOGYAKARTA -- Thailand merupakan salah satu negara yang paling banyak aktivitas kerjasama dengan Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta. Tidak hanya kerjasama dengan universitas, tapi juga dengan sekolah-sekolah. Bahkan, UAD sudah cukup dikenal di Konsulat Republik Indonesia Songkhla (Konjen Songkhla).

 

Pada 15-17 Agustus 2017 yang lalu, UAD bersama beberapa universitas lain, berpatisipasi dalam pameran pendidikan Indonesia yang diselenggarakan Prince of Songkhla University Thailand dalam acara PSU Week. 

 

Keikutsertaan UAD atas sponsor dari KJRI di Songkhla. Pada acara tahunan ini, Ida Puspita, MA.Res. (Kepala KUI UAD) dan Ruslinah, S.Pd, M.Hum (Staf KUI UAD) mempromosikan UAD kepada para pengunjung pameran melalui program-program yang ditawarkan kepada mahasisiwa asing serta jalur beasiswa Muhammadiyah yang bekerjasama dengan pemerintah Thailand Selatan dan organisasi muslim di sana. 

 

Pengunjung adalah siswa SMA, SMP, guru sekolah, dan pejabat setempat. Dan yang mengunjungi booth UAD sangat ramai. "Sehingga dalam setengah hari saja brosur dan pamflet berbahasa Thailand yang dibawa langsung habis," papar Ida Puspita, Kamis (7/9).

 

Pada kesempatan itu, UAD juga diundang untuk makan malam oleh KJRI di Songhkla serta berkunjung ke sekolah-sekolah mitra UAD di Thailand: Sangkhom Islam Wittaya School, Pathithan Foundation, Arroyyan Pittayanusron School, Anuban Muslim Krabi dan Darul Mujahidin Padang Besar.

 

Di sekolah-sekolah itu, nama UAD sudah sangat popular. "Karena ikatan kerjasama dan sejarah yang sudah cukup lama sejak tahun 2013 melalui program-program KKN internasional," jelas Ida Puspita yang menambahkan alumni UAD mengajar di Thailand serta program Bahasa Indonesia untuk penutur asing kerjasama antara UAD dengan Kemendikbud (PPSDK/Badan Bahasa) selama 4 bulan. 

 

Untuk program KKN Internasional, UAD sudah mengirim setiap tahun sejak 2013 ke Thailand. Untuk program alumni mengajar UAD telah mengirim lebih dari 50 alumni sejak tahun 2013 ke lebih dari 20 sekolah mitra di Thailand selama 1 sampai 3 tahun. 

 

Pada tahun 2017 ini, UAD menerima permintaan alumni mengajar terbanyak sejak empat tahun program ini berlangsung. Lebih  dari tiga puluh alumni dari jurusan Pendidikan Bahasa Inggris (PBI), Sastra Inggris dan Sastra Arab yang dikirim untuk mengajar di delapan belas sekolah mitra UAD di Thailand.

 

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI melalui Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa dan Pusat Pengembangan Strategi dan Diplomasi Kebahasaan (PPSDK) bekerjasama dengan UAD mengirim tiga dosen dan satu staf untuk mengajar Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA): Muhammad Hafiz Kurniawan, SS, MA (dosen sastra Inggris) mengajar di Musa Asiah Poundation Kamboja, Muh. Najih  Farihanto, SI.Kom, MA (dosen Ilmu Komunikasi UAD), Rifky Dora Wijayanti, S.Pd, M.Hum (rosen PBI) dan Dessy Kamila Sari, SS, MA (staf Kantor Internasional UAD).

 

Sebelum kembali ke Indonesia, Ida Puspita, MA.Res. (Kepala KUI UAD) berkunjung ke Prince of Songkhla University (PSU) untuk membahas beberapa kerjasama, yang rencananya akan direalisasikan dalam waktu dekat. Di antaranya program transfer kredit dengan Fakultas Pendidikan Agama Islam PSU dengan FAI UAD serta pemberian diskon bagi UAD untuk mengikuti kegiatan Summer Course Program di PSU.

 

UAD juga merupakan salah satu universitas Muhammadiyah yang secara rutin menerima mahasiswa melalui program beasiswa Muhammadiyah untuk Southern Border Province Administration Center (SBPAC) dan Muslim Education Development Association of Thailand (MEDAT) sejak tahun 2009. Tahun 2017 ini, UAD menerima jumlah mahasiswa terbanyak untuk program ini: 11 mahasiswa. 

 

Tidak hanya itu. Mahasiswa dari Thailand secara individu datang ke Yogyakarta, mendaftar menjadi mahasiswa regular di UAD, baik untuk program sarjana maupun pascasarjana.

 

Ida Puspita mengatakan, kerjasama internasional dengan Thailand diharapkan bisa terus ditingkatkan. "Mengingat mitra-mitra UAD di negara ini sangat antusias dan kooperatif dalam merealisasikan MoU yang telah ditandatangani serta bersedia memberikan dukungannya untuk program-program yang diusulkan," kata Ida. (affan)

Berita Terkait