Mon,25 September 2017


Tumbuhkan Kecintaan Terhadap Budaya Sunda, Kecamatan Ngamprah Gelar Pentas Seni Budaya

Indofakta 2017-09-03 19:22:32 Infotainment
Tumbuhkan Kecintaan Terhadap Budaya Sunda, Kecamatan Ngamprah Gelar Pentas Seni Budaya

KBB, - Seni dan Budaya merupakan kekayaan Negeri ini yang diwariskan secara turun temurun oleh  leluhur bangsa indonesia, sedangkan melestarikannya merupakan tugas generasi muda.

Budaya bangsa lain yang semakin mendapatkan tempat dihati generasi muda semakin hari semakin menghawatirkan bangsa ini akan lunturnya kecintaan generasi muda terhadap seni dan buadaya sendiri, hingga tidak munutup kemungkinan terkubur oleh masa.


Disisi lain sebagian daerah masih berjuang memupuk semangat generasi muda dengan harapan menumbuh suburkan kecintaan terhadap budaya sendiri.

Di kabupaten Bandung Barat, tepatnya Kecamatan Ngamprah masih terdapat sisah-sisah paguron pencak silat yang juga merupakan salah satu peninggalan budaya dari leluhur bangsa ini. Kini paguron tersebut bertumbuh kembang hingga mencapai puluhan paguron.

Diawal September ini, bertepatan dengan hari Sabtu, (3/9/170), di kantor  Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat, diselenggarakan sebuah kegiatan pentas seni budaya, hal ini bertujuan agar memupuk semangat generasi muda untuk mempelajari seni budaya sunda.

“Ini adalah kegiatan pentas seni yang diadakan kecamatan ngamprah, kebetulan didukung juga oleh mahasiswa, kegiatan ini tujuanya tiada lain untuk melestarikan budaya sunda,” jelas Mes Ardi Wilaga, selaku Camat Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung barat, saat ditemui disela-sela kegiatan pentas seni budaya.

Hal yang tak terduga terjadi dalam kegiatan ini, peserta yang hadir mencapai seribu dua ratus lima puluh pserta dari 30 paguron se-Kabupaten Bandung Barat.

“Alhamdulillah yang hadir 30 paguron se-kabupaten Bandung Barat, kira-kira kurang lebih 1000 lebih yang hadir,” tambahnya.


Dirinyapun berharap kedepanya makin banyak anak muda yang mencintai budayanya sendiri. “ kita berharap dengan adanya kegiatan seperti ini makin menambah kecintaan generasi muda terhadap budayanya sendiri,” tuturnya.


Dirinya pun tidak memungkiri jika dalam perjalanannya ada sesosok pendukung tumbuh kembangnya paguron-paguron di kecamatan ngamprah ini, lebih luas lagi kabupaten bandung barat, yaitu Ibu Elin Abubakar, yang juga merupakan ibu Bupati bandung barat, Haji Abu Bakar.

“Alhamdulilah kita juga didukung oleh Ibu Elin yang juga Ibu Bupati bandung barat,” tukas camat Ngamprah.

Dalam kegiatan ini hadir juga kepala dinas pariwisata dan kebudayaan Badung Barat, Sri Dustirawati, dirinya mengapresiasi kegitan ini, karena ini merupakan salah satu langkah untuk mempertahankan budaya sunda.

“Kita sangat mengapresiasi kegiatan seperti ini, karena ini merupakan salah satu cara untuk mempertahankan budaya sunda,” pungkas Sri Dustirawati.

Makin bertambahnya kecintaan generasi muda terhadap budaya negeri ini, terutama budaya sunda, juga menjadi harapan Sri Dustirawati. “kita berharap kedepanya kecintaan generasi muda terhadap budaya sunda makin meningkat,” tuturnya. ( saifal)

Berita Terkait