Fri,24 November 2017


Ditasikmalaya, Petugas Temukan Cacing Hati pada Hewan Kurban

Indofakta 2017-09-01 19:10:34 Serba Serbi
Ditasikmalaya, Petugas Temukan Cacing Hati pada Hewan Kurban
TASIKMALAYA - Pasca pelaksanaan penyembelihan hewan qurban, petugas dari bidang Peternakan Kota Tasikmalaya melakukan pemeriksaan Postmortem Jumat (01/09/2017).Hasilnya petugas menemukan hati yang mengandung cacing hati, dan terpaksa petugas melarang mengkonsumsinya.

Pasca pemotongan hewan qurban petugas langsung memeriksa bagian dalam hewan qurban,ini dalam rangka pemeriksaan post mortem, untuk memastikan bahwa daging hewan tersebut layak atau tidak untuk dikonsumsi masyarakat.

 

Seperti yang dilaksanakan di Kediaman Walikota Tasikmalaya Di Jalan Bojong Tegah, Kelurahan Panglayungan, Kecamatan Cipedes, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat. Petugas menemukan cacing hati didalam hati sapi yang disembeli, berupa jenis sapi limosin, meski tubuh sapi tersebut besar dan panjang, namun kenyataanya bagian hatinya rusak akibat diserang oleh cacing hati sehingga tidak boleh dikonsumsi.

 

Pihak Pemerintah Kota Tasikmalaya pemeriksaan tersebut perlu dilakukan agar masyarakat mengetahui, mana yang layak dan tidak, seperti  bagian hati yang terkena cacing hati tersebut dilarang untuk dikonsumsi, terutama bila dimasak dengan cara dibakar.

 

Hal tersebut akan ikut termakan dan masuk kedalam pencernaan, yang nantinya akan menimbulkan penyakit, seperti mencret dan diare, namun dalam jangka panjang bisa juga menyerang pencernaan yang memakannya" hali ini disampaikan Zulyaden Kabid Ternak Dinas pertenakan Kota Tasikmalaya usai memerikasa hewan qurban yang di sembelih.

 

"ini namanya cacing hati tapi hanya untuk hatinya saja kalo daging, di pastikan aman tidak jadi masalah kalo hatinya di buang kalo di konsumsi tidak enak dan tidak layak konsumsi kolo imbasnya paling ke diare atau mencret "Paparnya.

 

Sementara itu  di tempat lain di tempat Persatuan Umat Islam Bantar Gedang, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat yang melaksanakan qurban 10 ekor sapi, dari hasil pemeriksaan dinyatakan sehat dan bisa dikonsumsi Masayarakat.

 

Namun untuk memastikan agar daging hati yang hendak dimasak, hendaknya direbus dahulu yang panasnya melebihi hingga 100 derajat celcius sehingga, cacing hati dan telurnya mati dan tidak berkembang biak lagi. (Andri)

 

Berita Terkait