Wed,20 September 2017


Baksos Prodi PGPAUD Bersama HMPS PGPAUD FKIP UAD Yogyakarta

Indofakta 2017-09-01 13:26:33 Serba Serbi
Baksos Prodi PGPAUD Bersama HMPS PGPAUD FKIP UAD Yogyakarta
BANTUL - Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) bersama Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) PGPAUD FKIP UAD adakan kegiatan qurban dan bakti sosial (baksos). 
 
Tahun 2017 ini, seperti disampaikan Dholina Inang Pambudi (Humas), dilaksanakan di Dusun Depok, Desa Gilangharjo, Kecamatan Pandak, Bantul. Kegiatan dengan tema “semangat berqurban untuk melatih keikhlasan dan kepedulian sesama”, dimaksudkan agar mahasiswa memiliki semangat belajar berqurban. "Dan melatih keikhlasan serta mengasah kepedulian terhadap sesama melalui pemberian hewan qurban dan melaksanakan baksos di masyarakat secara langsung," terang Dholina. 
 
Prodi PGPAUD bersama HMPS telah melaksanakan kegiatan qurban dan baksos ini secara rutin setiap tahun, mulai tahun 2012 hingga sekarang dengan lokasi yang berbeda-beda. Pada tahun 2017 ini, kegiatan dilaksanakan selama dua hari mulai tanggal 31 Agustus 2017 sampai 1 September 2017 di Dusun Depok, Desa Gilangharjo, Kecamatan Pandak, Bantul. Desa ini berjarak 20 km dari kota Yogyakarta dengan penduduk sebanyak 225 kepala keluarga (KK). Mayoritas masyarakatnya bekerja di bidang pertanian dan perkebunan serta memiliki pendapatan terbatas.
 
Tahun 2016 ada 5 ekor kambing: 1 ekor dari warga dengan sistem iuran dan 4 ekor dari luar dusun Depok, yang tiap KK hanya mendapat daging kambing sebanyak 2 ons. Maka dari itulah Prodi PGPAUD bersama HMPS memberikan bantuan hewan qurban berupa satu ekor sapi hasil dari donasi mahasiswa PGPAUD dari berbagai angkatan, bantuan dari dosen dan karyawan PGPAUD, serta sejumlah donatur.
 
Kegiatan itu dihadiri Kepala Dusun Depok Suratijo, Ketua Pengurus Cabang Muhammadiyah (PCM) Pandak Timur Suwardiman Anwar Huda, Kepala Prodi PGPAUD UAD Dra. Alif Mu’arifah, S.Psi, M.Si, Ph.D, Sekretaris Prodi Dwi Hastuti, S.Pd, M.Pd.I,  dosen TPM Iyan Sofyan, S.Pd, MA, segenap dosen PGPAUD UAD, perwakilan alumni PGPAUD UAD, dan 2 orang delegasi mahasiswa masing-masing kelas Prodi PGPAUD.
 
Selain qurban, dilaksanakan juga kegiatan baksos dan lomba untuk anak PAUD yang berada di sekitar dusun Depok. Adapun barang-barang baksos yang diberikan untuk anak-anak berupa 58 buku tulis, 52 ballpoint, 64 pensil, 2 buah krayon, 28 penghapus, 33 buku cerita, 14 buku pendidikan, 14 iqro’, 8 buku Juz Amma, dan sebuah Al Quran. Untuk kegiatan lomba TK-TPA sendiri ada 3 macam: memasukkan pulpen dalam botol, balon punggung, dan cerdas cermat agama (CCA). 
 
Tujuan dilaksanakan kegiatan qurban, baksos, dan lomba untuk anak PAUD ini untuk syiar agama Islam di daerah Bantul. "Sekaligus menjalin silaturahmi antara mahasiswa dengan masyarakat setempat," kata Alif Mu'arifah, Jum'at (1/9), yang menambahkan kegiatan itu sebagai wadah untuk belajar berbagi dan bekerjasama serta membantu mengembangkan potensi anak-anak usia dini di dusun Depok, Gilangharjo, Pandak, Bantul. (affan)

Berita Terkait