Sat,23 September 2017


Sholat Idul Adha 1438 H Diikuti Ribuan Umat Muslim Kota Pematangsiantar

Indofakta 2017-09-01 12:30:21 Serba Serbi
Sholat Idul Adha 1438 H Diikuti Ribuan Umat Muslim Kota Pematangsiantar
SUMATERA UTARA - Walikota Hefriansyah, SE, MM bersama forkopimda, beberapa pimpinan OPD dan ribuan masyarakat muslim kota Pematangsiantar melaksanakan sholat Idul Adha 1438 H di lapangan H Adam Malik, Jumat pagi (1/9/2017) dimulai pada pukul 07:30 wib.

Dalam pelaksanaan sholat Idul Adha 1438 H kali ini bertindak selaku Imam dan khatib adalah ketua MUI kabupaten Simalungun  H. Abdul Halim Lubis, SHi tampak hadir kakan Kemenag Drs.H Abdurrahman Harahap, Ketua PHBI Drs.H Natsir Armaya Siregar, Staf Ahli bidang Kemasyarakatan Chaidir Sitompul, Asisten II Drs. H. M Akhir Harahap, Camat Siantar Barat Saiful Rizal,S.STP, Camat Siantar Martoba Arri Sinulaki Sembiring,S.STP, Kasubag Pemberitaan Suherman,S.Sosi.

Dalam ceramah khatib mengatakan, bulan Zulhijjah adalah bulan yang sangat dimuliakan oleh kaum muslin, karena dalam bulan ini ada dua rangkaian momen ibadah yang menjadi ajaran syari’at agama Islam yaitu ibadah Haji dan Qurban. Selain itu khatib menjelaskan bahwa ibadah Qurban juga merupakan perbuatan menapaktilasi kisah dramatis nenek moyang kita, Nabi Ibrahim dengan putranya Isma’il, sebagaimana di abadikan dalam Al’Quran surat ash Shaffat:100-102.

Dalam kisahnya nabi Ibrahim AS memohon do’a kepada Allah SWT agar di anugrahkan seorang anak yang shaleh, maka di kabulkanlah do’a nabi Ibrahim AS dengan dianugrahkan seorang anak yang amat sabar yang bernama Isma’il AS setelah itu nabi Ibrahim AS bermimpi menyembelih putranya yang Ismail, selanjutnya Allah SWT menyelamatkan Ismail dan menebusnya dengan seekor kibas, yang mana kisah ini juga termaktub dalam Ayat suci Al’Quran dengan surat ash Shaffat : 107-108.

Selanjtnya khatib juga mengatakan, semoga penyembelihan hewan Qurban yang akan kita lakukan ini bukan sekedar penumpahan darah, yang kemudian kita nikmati dagingnya yang lezat citarasanya, bagi kita ibadah Qurban tidak sebatas pelambang betapa islam telah mengisyaratkan arti penting protein hewani bagi kesehatan, bukan pula hanya menunjukan bahwa islam telah mendorong di galakkannya pembangunan sektor peternakan.

Ajaran ber-Qurban ternyata tidak hanya terkandung pada penyembelihan hewan Qurban melainkan terdapat pada pelaksanaan Haji sebagai mana yang di laksanakan saudara-saudara kita sekarang atas pelaksanaan Firman Allah SWT dalam mengerjakan ibadah Haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu bagi mereka yang sanggup. (Hendri)

Berita Terkait