Sun,19 November 2017


Sekolah dan Madrasah Muhammadiyah DIY Siap Sukseskan OlimpicAD

Indofakta 2017-08-29 20:19:54 Edukasi
Sekolah dan Madrasah Muhammadiyah DIY Siap Sukseskan OlimpicAD

YOGYAKARTA -- Sekolah dan madrasah Muhammadiyah se-Indonesia, dalam waktu dekat ini, akan mengikuti Olimpiade Ahmad Dahlan (OlimpicAD).

Perhelatan akbar berskala nasional yang diselenggarakan Majelis Dikdasmen (Pendidikan Dasar dan Menengah) Pimpinan Pusat Muhammadiyah pada tahun 2017 ini, merupakan kegiatan rutin ke lima yang diadakan di Lampung.

Sebelumnya, OlimpicAD sukses diadakan di Malang (2005), Surakarta (2010), D.I. Yogyakarta (2012), dan Malang (2014). 

Menurut Tasman Hamami, indikator kesuksesan penyelenggaraan OlimpicAD pada tahun 2017 bisa dilihat dalam beberapa aspek. "Di antaranya semangat kerjasama dan sinergi antarsekolah dan madrasah Muhammadiyah se-Indonesia meningkat," kata Tasman, Selasa malam (29/8) di Gedung PWM DIY.

Selain itu, menurut Tasman, kemampuan guru dan peserta didik dalam semua mata lomba meningkat. Dan, Wakil Ketua Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah ini juga menambahkan indikator lain, yang jauh lebih bisa diukur, yaitu keterlibatan peserta lomba sebanyak 5.250 orang dan peserta pawai ta’aruf yang mencapai 15.000 orang.

Berdasarkan tujuan dan target kegiatannya, OlimpicAD yang akan diselenggarakan di Bandar Lampung pada 26-29 Oktober 2017, tidak semata-mata ditujukan sebagai ajang kompetisi, tetapi juga silaturrahim antarsekolah dan madrasah Muhammadiyah skala nasional. 

Karena itulah, OlimpicAD tahun ini dan juga pada tahun-tahun sebelumnya selalu diiringi dengan kegiatan lain non-kompetisi, seperti pawai ta’aruf, bazaar dan pameran pendidikan, tour de Muhammadiyah Lampung, serta konsolidasi Majelis Dikdasmen se-Indonesia.

Menyikapi perhelatan akbar berskala nasional itu, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Daerah Istimewa Yogyakarta melakukan konsolidasi khusus untuk menyukseskan OlimpicAD tahun 2017. 

Ketua PWM DIY, Gita Danu Pranata, dalam konsolidasi bersama Pimpinan Daerah Muhammadiyah se-DIY, Majelis Dikdasmen se-DIY, dan Badan Kerjasama Sekolah/Madrasah (BKS/M) DIY, menyampaikan amanat agar kafilah sekolah/madrasah Muhammadiyah DIY dapat berpartisipasi secara maksimal dalam OlimpicAD di Lampung.

"Kafilah DIY harus mempersiapkan diri dengan baik agar meraih prestasi terbaik dalam perhelatan akbar itu," kata Gita Danu Pranata, Selasa (29/8).

Menindaklanjuti hasil konsolidasi itu, Achmad Muhamad ditunjuk sebagai koordinator “Sukses OlimpicAD 2017”. Dikatakan Achmad Muhamad, kafilah sekolah/madrasah Muhammadiyah DIY telah mendesain program secara khusus agar dapat memenuhi target yang disepakati dalam rapat konsolidasi antarpimpinan Muhammadiyah se-DIY. Program khusus tersebut terdiri dari pemetaan potensi, penguatan kemampuan dan pemberangkatan peserta. 

Menurut Achmad, potensi peserta didik dan guru-guru Muhammadiyah terbaik dari DIY sekarang ini mulai dipetakan agar dapat mengikuti semuanya atau 21 jenis mata lomba dalam OlimpiacAD. "Hasil pemetaan yang dilakukan masing-masing sekolah dan madrasah beserta Majelis Dikdasmen Daerah se-DIY kami tindaklanjuti dengan program penguatan kemampuan," kata Achmad Muhamad yang menambahkan hal itu dengan melibatkan BKS/M DIY, MGMP, Majelis Tabligh, Majelis Tarjih dan Tajdid, serta tim ahli dari Perguruan Tinggi Muhammadiyah di DIY. 

Karena itu, kafilah sekolah/madrasah Muhammadiyah DIY siap menyukseskan OlimpicAD tahun 2017 dengan sejumlah target yang telah ditetapkan. (affan)

Berita Terkait