Sat,18 November 2017


Kajati Sulsel : Keluhkan Minimnya Anggaran Kejaksaan

Indofakta 2017-08-26 19:22:28 Hukum / Kriminal
Kajati Sulsel : Keluhkan Minimnya Anggaran Kejaksaan

Makassar – Kepala Kejaksaan Tinggi  Sulawesi Selatan (Kajati- Sulsel) , Dr. Jan S Maringka, mengeluhkan minimnya anggaran yang diterima kejaksaan dalam menjalankan tugas. Ia mengatakan, anggaran yang diterima kejaksaan tidak sebanding dengan tuntutan masyarakat dan zaman.

 

Hal itu di paparkan Jan saat menjadi Pembicara Utama pada Seminar Nasional Penyerapan  Asmas ( Aspirasi Masyarakat ) MPR RI dengan tema “Penguatan Kejaksaan Dalam Sistem Ketatanegaraan Indonesia” di hotel Prima, Sabtu (26/8/17).

 

Dalam seminar tersebut, Selain Kajati Sulsel,yang hadir sebagai nara sumber lainnya  di antaranya, Anggota Dewan Perwakilan Daerah ( DPD-RI / MPR-RI Drs.H.Bahar Ngitung dan Pakar Fakultas Ilmu Hukum Universitas Hasanuddin Prof.Dr.H.Hamzah Halim,SH.MH dengan moderator Dr.H.M.Masrul,SH.MH dari akademisi fakultas Ilmu Hukum Unhas.

 

Dalam kesempatan tersebut,ia juga mengungkapkan anggaran Kejaksaan paling rendah di antara instansi penegak hukum lainnya, sementara masyarakat menuntut Jaksa untuk memfollow up kejahatan yang berhubungan dengan kasus tindak pidana korupsi.

 

 

 

Sebagai perbandingan ia menyebut anggaran untuk Kejaksaan hanya 4 triliun,sementara lembaga lainnya seperti Polri dan hakim mendapatkan anggaran jauh lebih tinggi dari itu.

Kajati Sulsel berharap perlunya amandemen kelima untuk menguatkan posisi jaksa dalam UUD sebagaimana yang ada pada negara -  negara di dunia sehingga posisi Jaksa Agung lebih jelas dalam kapasitas sebagai penuntut umum tertinggi. ( Mzr )

Berita Terkait