Wed,20 September 2017


Tim Peneliti UAD Yogyakarta Berikan Pelatihan Sodaqoh Barkas bagi Guru TK

Indofakta 2017-08-25 12:18:49 Edukasi
Tim Peneliti UAD Yogyakarta Berikan Pelatihan Sodaqoh Barkas bagi Guru TK

YOGYAKARTA  -- Sebagai rangkaian dari penelitian, tim peneliti Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta kemarin berikan pelatihan lanjutan kerja sama program "sodaqoh barkas" bagi guru TK ABA (Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal) se- Pimpinan Cabang Aisyiyah (PCA) Bambanglipuro, Bantul.

 

Tim peneliti UAD terdiri dari Dr. Anom Wahyu Asmorojati, MH, Avanti Vera Risti, M.Pd dan Dholina Inang Pambudi, M.Pd, telah melaksanakan pelatihan sodaqoh barkas (barang bekas). "Ini merupakan rangkaian riset kerja sama LPP UAD dengan PCA Bambanglipuro," papar Dholina Inang Pambudi, Jum'at (25/8). 

 

Menurut Dholina, pelatihan ini diikuti sebanyak 40 orang peserta terdiri dari kepala sekolah dan guru TK ABA se-Cabang Bambanglipuro bertempat di TK ABA Sidomulyo 2 Plebengan, Sidomulyo, Bambanglipuro, Bantul, pada 21 Agustus 2017 lalu. 

 

Kegiatan pelatihan diawali dengan paparan teoritis dari tim seputar nilai karakter yang dikembangkan melalui kegiatan sodaqoh barkas, penjelasan seputar cara menilai  karakter yang berkembang sebagai efek dari sodaqoh sampah yang diterapkan di sekolah, dan dilanjutkan praktik kolaborasi antara tim UAD dengan tim bank sampah "Gemah Ripah" sebagai pioner bank sampah pertama di Indonesia.  

 

Pada saat praktik, guru-guru sangat antusias mengikuti pengolahan sampah plastik yang dibawa oleh peserta untuk kemudian diubah menjadi barang kerajinan berupa bunga dan bros yang cantik. 

 

Harapannya, sampah yang dikelola dan selanjutnya ditabung di bank sampah serta karya yang dihasilkan dengan melibatkan wali murid itu, akan dapat digunakan oleh sekolah untuk membangun lembaganya. "Sekaligus menanamkan nilai karakter untuk peduli lingkungan, tanggungan jawab, jujur, disiplin, kreatif, mandiri, dan sebagainya," tambah Dr Anom Wahyu Asmorojati, MH, yang diamini Avanti Vera Risti, MPd.

 

Dari hasil kegiatan tersebut telah terbentuk struktur organisasi pengelola sodaqoh barkas, yang sesuai dengan kesepakatan. Akhirnya, forum menunjuk TK ABA Sidomulyo 2 sebagai pilot project program pemberdayaan lembaga melalui sodaqoh barkas, yang nantinya selalu dimonitoring oleh tim UAD Yogyakarta secara berkala. (affan)

Berita Terkait