Wed,20 September 2017


Gelar Sosialisasi Penggunaan DD dan TP4D Serentak Seluruh Indonesia

Indofakta 2017-08-24 19:13:20 Nasional
Gelar Sosialisasi Penggunaan DD dan TP4D Serentak Seluruh Indonesia
JAKARTA – Kejaksaan RI telah berhasil melaksanakan sosialisasi penggunaan dana desa dan TP4D( Tim Pengaman dan Pengawalan Pembangunan Pemerintah Daerah ) serentak di seluruh wilayah Indonesia hari ini. Sosialisasi itu agar dana desa tidak disalahgunakan oleh aparat-aparat desa.

Sosialiasi tersebut dilakukan oleh pihak Kejati dari tiap-tiap wilayah. "Kami Kejaksaan RI melaksanakan secara serentak pada hari ini diseluruh Indonesia, yang disosialisasikan tentu semangat membangunnya," kata Jaksa Agung Muda  Intelijen (JAM-INTEL)  Dr.Adi Toegarisman dampingi Kapuspenkum M.Room dan Kabid Humas Penkum Willy di Kejaksaan Agung,Jakarta Selatan, Kamis (24/8/17) Sore.

Seluruh Kejati dari masing-masing daerah tersebut memanggil para kepala daerah untuk mensosialisasikan dana desa. Khusus untuk daerah Papua, pihak Kejati yang mendatangi kepala daerah karena kendala jarak.

"Jadi kejari-kejari itu mengumpulkan kepala desa masing-masing wilayahnya. Untuk di Papua itu kejatinya yang mendatangi karena masalah jarak," ujar mantan Kajati DKI

Adi menyampaikan pada sosialisasi itu disampaikan mekanisme penyaluran dana desa agar tidak ada penyelewengan. Yang diawasi oleh Kejaksaan adalah dana desa yang berada di luar prioritas.

"Jadi tujuan pemerintah memberikan dana desa itu kita sampaikan mekanisme peyalurannya. Bagaimana penggunaannya, bagaimana melaporkannya sehingga proses peggunaan dana desa untuk masing-masing dana desa itu dilaksanakan dengan benar dan tidak ada penyimpangan. Dana desa di luar prioritas jadi pengawasan kita," tutur Adi.

Adi berharap para pemimpin desa paham penggunaan dan manfaat dari dana desa supaya tidak terjadi penyimpangan.

"Ke depannya harapan saya, kepala desa paham cara penggunaan (dana desa) dan tujuannya tercapai. Tidak ada penyimpangan," ujar Adi. 
( Muzer )

 

Berita Terkait