Sun,19 November 2017


Prodi PBSI FKIP UAD Yogyakarta Luncurkan Buku Cerita Anak Karya Guru PAUD-TK ABA se-Bantul

Indofakta 2017-08-23 15:37:02 Edukasi
Prodi PBSI FKIP UAD Yogyakarta Luncurkan Buku Cerita Anak Karya Guru PAUD-TK ABA se-Bantul

YOGYAKARTA -- Dalam rangka menggali dan memunculkan potensi di kalangan guru yang memiliki tugas sebagai pendidik dan pengajar, Yosi Wulandari, MPd dan Fitri Merawati, MA, keduanya dosen Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta, pada bulan April-Juni 2017 di Gedung PDM Bantul memberi pelatihan cipta cerita anak bagi guru PAUD-TK Aisyiyah Bustanul Athfal se-Kabupaten Bantul.

 

Hasil dari kegiatan pelatihan selama delapan kali pertemuan itu dijadikan buku berjudul "Si Kembar Berambut Kriwil", yang peluncurannya dilaksanakan di Kampus 2 UAD Jl Pramuka, Yogyakarta, Rabu (23/8), ditandai dengan diskusi dengan pembicara Fitri Merawati, MA.

 

Cerita anak itu disusun untuk menyuguhkan bacaan yang menjadi teman anak usia dini dalam belajar sesuai usia mereka. Dan, cerita yang disisipi pembelajaran budi pekerti dan berakhlak mulia itu, untuk memberikan inspirasi sesama guru PAUD dan TK.

 

"Itu merupakan bentuk tanggung jawab saya dalam melakukan tridarma perguruan tinggi, khususnya pengabdian kepada masyarakat," kata Yosi Wulandari, MPd, yang menambahkan ilustrasi cover digarap Rita Wahyu Nurdayanti, mahasiswi PBSI FKIP UAD Yogyakarta.

 

Selain itu, juga didasari oleh penciptaan karya sangat penting bagi kehidupan pribadi maupun masyarakat. "Oleh karena itu, perlu adanya perhatian terhadap penciptaan karya sastra sehingga pelatihan cipta karya sastra khususnya cerita anak itu diseleggarakan," papar Yosi lagi.

 

Menurut Fitri Merawati, peningkatan kemampuan mencipta cerita bagi guru PAUD di Bantul merupakan upaya menggali dan memunculkan potensi guru yang nantinya sebagai contoh bagi peserta didik.

 

Dalam buku itu -- hasil kerjasama FKIP UAD Yogyakarta dan Pimpinan Daerah Aisyiyah Kabupaten Bantul -- terkumpul cerita hasil cipta 18 orang guru PAUD-TK ABA se-Bantul yang disesuaikan dengan latar belakang anak didiknya.

 

Seperti disampaikan salah seorang penulis cerita anak, Elik Munjiati (TK ABA Argomulyo), dari pelatihan itu ia bisa memperjelas motivasi dan orientasi bersastra. "Sehingga saya memiliki kepekaan apresiasi dan kemampuan kritis atau ekspresi serta merangsang semangat kreatif," kata Elik Munjiati yang menulis "Cici dan Monmon Dua Sahabat".

 

Dikatakan Elik, selama pelatihan mendapat wawasan tentang cerita anak, unsur-unsur dalam cerita anak, menggali ide, menciptakan tokoh dan penokohan, membangun alur dan kerangka cerita, membangun diksi dan gaya bahasa.

 

Elik pun akhirnya bisa merajut sebuah cerita anak setelah melalui proses pembacaan, pengembangan ide dan unsur-unsur pendukung karya sastra.

 

Pada kesempatan itu, Yosi Wulandari, berharap, cerita hasil ciptaan guru PAUD-TK ABA se-Kabupaten Bantul yang meliputi 18 kecamatan itu, dimanfaatkan sebagai bahan ajar di sekolah.

 

Di sisi lain, seperti disampaikan Ariadi Nugraha, Humas FKIP UAD Yogyakarta, guru-guru tersebut telah meluangkan waktunya untuk membuat cerita yang nantinya bisa menjadi bahan ajar. "Dengan harapan dapat memberikan penanaman karakter," tandas Ariadi Nugraha. (affan)

Berita Terkait