Thu,23 November 2017


Pemilihan Duta Gizi Seimbang Kabupaten Sumedang Tahun 2017

Indofakta 2017-08-20 16:25:52 Kesehatan
Pemilihan Duta Gizi Seimbang Kabupaten Sumedang Tahun 2017

SUMEDANG - Sekda Kabupaten Sumedang H.Zaenal Alimin menghadiri acara Pemilihan Duta Gizi Seimbang antar Siswa-siswi SMA/SMK sederajat tingkat Kabupaten Sumedang. Acara tersebut diikuti oleh 58 peserta dari tiap SMA/SMK se-Kabupaten Sumedang. Diselenggarakannya ajang tersebut dalam rangka memperingati Hari Gizi Nasional tahun 2017, yang diselenggarakan di Gria Plaza Sumedang Lt.3, Minggu (20/8).


Hadir pada kesempatan tersebut Ketua beserta pengurus Persatuan Ahli Gizi Nasional Kabupaten Sumedang, managemen Gria Plaza Sumedang beserta jajaran, para guru SMA/SMK se-Kabupaten Sumedang, Orang tua siswa-siswi SMA/SMK se-Kabupaten Sumedang serta puluhan peserta lomba.
Dari ke 58 peserta yang mengikuti ajang tersebut, diseleksi sebanyak 12 orang yang terdiri dari 6 wanita dan 6 laki-laki kemudian untuk mendapatkan juara 1,2,3 serta juara harapan 1,2,3 para peserta diberikan pertanyaan oleh dewan juri.


Laporan Ketua Penyelenggara Hj.Ani Septiani menyampaikan permasalahan gizi yang ada pada saat ini terkait deengan permasalahan kesehatan remaja adalah masih adanya kasus anemia, kurang gizi, obesitas, hal ini disebabkan karena gaya hidup dan pola makan yang salah seperti terlalu banyak mengkonsumsi makanan junk food.

 

“ Kegiatan ini merupakan rangkaian peringatan Hari Gizi Nasional sekaligus Hut Kemerdekaan RI ke-72, adapun peserta yang mendaftar  terdiri dari 58 orang yang merupakan perwakilan dari masing-masing Kecamatan,” ujarnya.


Dikatakan lebih lanjut oleh Ani, tujuan dari diselenggarakan pemilihan Duta Gizi Seimbang adalah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan remaja tentang gizi seimbang, meningkatkan peran remaja dalam komitmen global pencegahan stunting, serta menguatkan komitmen dan kerjasama antara pemerintah, lintas sektor, lintas program, serta swasta dalam pembangunan, kesehatan Gizi di Kabupaten Sumedang.

 

“ Saya harap kegiatan ini dapat menjadi ajang untuk meninkatkan peran remaja dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan tentang gizi seimbang,” pungkasnya.


Sementara itu Sekda Zaenal menyatakan, masalah gizi merupakan masalah serius yang perlu mendapat perhatian khusus. Biaya kemanusiaan ekonomi dari masalah kurang gizi luar biasa besar, kondisi kekurangan gizi akan menyebabkan rendahnya status kesehatan dan akan berakibat pada rendahnya kualitas SDM, pencapaian pendidikan dan daya saing bangsa.

“Oleh karena itu, pemilihan Duta gizi Seimbang diharapkan menjadi momentum nyata pembinaan usaha kesehatan sekolah oleh tim pembiana tingkat Kecamatan, yaitu untuk melaksanakan trias UKS yang meliputi pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan dan pembinaan lingkungan sehat bagi sekolah,” ucapnya.

Disampaikan oleh Zaenal, dalam rangkaian keagiatan peringatan Hari Gizi nasioanl 2017 di Kabupaten Sumedang salah satu kelompok sasaran pembangunan kesehatan yang perlu mendapat perhatian adalah para remaja sebagai calon orang tua bayi dan balita dan generasi penerus pembanguan.

“ Saya ucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi khususnya untuk panitia penyelenggara dan semua pihak yang telah berpartisipasi, sehingga kegiatan ini dapat berjalan lancar,”ujar Zaenal.


Diakhir sambutannya sekda Zaenal memberikan piagam penghargaan kepada panitia penyelengara, managemen Gria Plaza Sumedang, dan Isoplus sebagai sponsor acara tersebut.

(hms/sgt)

Berita Terkait