Fri,24 November 2017


UMY Silaturrahim Bersama Orangtua Wali Mahasiswa Baru

Indofakta 2017-08-19 16:28:01 Edukasi
UMY Silaturrahim Bersama Orangtua Wali Mahasiswa Baru

YOGYAKARTA - Tradisi baik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) untuk menjalin silaturrahim dengan orangtua/wali diadakan sebelum mahasiswa baru (maba) memulai kuliah pada 4 September 2017.

Ribuan orangtua/wali maba hadir dalam silaturrahmi orangtua/wali mahasiswa baru tahun akademik 2017-2018 di Gedung Sportorium UMY, Sabtu (19/8). Mereka adalah orangtua/wali maba yang diterima melalui jalur PBT, CBT, prestasi dan beasiswa.

Rektor Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Dr. Ir. Gunawan Budiyanto, MP, mengatakan, dari 33.857 orang pendaftar, hanya 5.233 orang yang lolos menjadi mahasiswa UMY.

Pentingnya komunikasi yang baik antara orangtua dengan mahasiswa maupun universitas, ditekankan Rektor UMY, agar segala informasi yang diterima orangtua adalah informasi yang seimbang dan tidak sepihak. "Hal ini untuk mengontrol bagaimana perkembangan mahasiswa baik dari kehadiran, indeks prestasi komulatif dan kewajiban registrasi," tandas Gunawan yang menambahkan semua itu bisa diakses melalui website UMY. 

Bagi Gunawan, orangtua mahasiswa memiliki peran yang penting terhadap perkembangan mahasiswa. "Untuk itu saya mohon orangtua agar terus mengawasi anaknya sebaik mungkin," papar Gunawan yang berharap orangtua perlu memiliki jadwal kuliah dan nomor kontak dekannya agar komunikasi dapat terus terjalin.

Sementara itu, Dr. Ir. Sukamta, MT, IPM, Wakil Rektor I Bidang Akademik, menuturkan, wali mahasiswa tidak perlu khawatir dengan kualitas UMY karena selalu selaras dengan slogan unggul dan Islami. “Selama proses kuliah mahasiswa akan dididik sesuai dengan nilai-nilai ke-Islaman dan menjadikan mahasiswa berakhlak mulia," terang Sukamta.

Di sisi lain, Drs. Heroe Poerwadi, MA, orangtua dari Aryo Dipo Biru Bawono (mahasiswa Jurusan Pendidikan Dokter), menyampaikan, UMY memiliki fasilitas dan proses pembelajaran yang baik. “Proses akademik menjadi hal yang penting terutama dalam peningkatan pengajaran dosen," kata Heroe Poerwadi, Wakil Walikota Yogyakarta.

Pada kesempatan itu melalui Biro Penerimaan Mahasiswa Baru, UMY berikan surat keputusan kepada 58 mahasiswa baru yang menerima beasiswa. Adapun program beasiswa yang diterima mahasiswa baru adalah program bidik misi, kader unggulan Muhammadiyah, hafiz Qur’an dan dokter Muhammadiyah. (affan)

Berita Terkait