Sat,23 September 2017


Menyoal Link and Match

Indofakta 2017-08-08 16:32:02 Edukasi
Menyoal Link and Match

JAKARTA -- Deni Darmawati SE, Ak, MSi, Sekprodi Akuntansi Universitas Trisakti, menyatakan, Universitas Trisakti sudah menerapkan konsep link and match. Untuk menciptakan link and match tersebut selain ada mata kuliah teori ada juga mata kuliah praktikum-pratikum. 

Contoh dalam akuntansi ada beberapa praktikum: akuntansi biaya, komputerisasi akuntansi, audit, analisis laporan keuangan, analisis alat statistik, pajak dan yang lainnya. 

Selain itu juga melakukan beberapa kerja sama dengan IAI, mengundang para stakeholder dan alumni untuk memberikan masukan. "Masukan tersebut bermanfaat untuk penambahan ilmu atau penyesuaian kurikulum, sehingga kurikulum di Universitas Trisakti, khususnya jurusan akuntansi selalu upgrade," kata Deni yang menambahkan ada keterkaitan dan kesepadanan dengan dunia kerja yang dibutuhkan.

Kepada Siti Nurkholidah dari IMAMATEK, Deni mengatakan, mahasiswa sering terlibat dalam kegiatan-kegiatan asosiasi profesi, seperti menyelenggarakan workshop, seminar dan sebagainya.  

Selain itu, mahasiswa Universitas Trisakti diberikan pembelajaran hardskill dan softskill. "Artinya, idak hanya diberikan pengetahuan saja, tapi juga sikap dan ketrampilan," kata Deni yang menambahkan tujuannya untuk membekali mahasiswa agar menjadi lulusan yang siap kerja dan menginspirasi di dunia industri atau  kerja serta tecipta link and match.

Mengenai link and match, Deni menyampaikan, antara lembaga pendidikan dengan industri itu bukan seseuatu hal yang terpisah. "Jadi harus saling bekerja sama, saling memberikan masukan. Intinya, dengan menerapkan metode yang tepat itu akan menghasilkan lulusan yang siap kerja dan berkualitas," kata Deni.

Perubahan itu suatu keniscayaan, tidak ada yang tidak berubah selain perubahan  itu sendiri. "Artinya, setiap pribadi manusia harus selalu siap menghadapi perubahan yang terjadi dan harus menjadi pribadi yang inovatif,” tandas Deni. (Affan)

Berita Terkait