Sat,23 September 2017


3.000 Pemuda dari 22 Negara Asia Ikuti AYD

Indofakta 2017-08-03 12:55:10 Nasional
3.000 Pemuda dari 22 Negara Asia Ikuti AYD

YOGYAKARTA -- Sebanyak 3.000 pemuda Katolik dari 22 negara di Asia ikuti Asian Youth Day (AYD) ke-7 pada 2-6 Agustus 2017. Bertujuan untuk menciptakan kerukunan dan perdamaian antarnegara di Asia.

Pembukaan dilakukan Menteri Agama, Lukman Hakim, didampingi Gubernur DIY Sri Sultan HB X di Gedung JEC Yogyakarta, Rabu (2/8) malam.

Tema kegiatan "Joyful Asian Youth, Living in the Gospel Multicultural Asia" atau generasi muda yang membawa persaudaraan di tengah kemajemukan, tidak sekadar menjadi sebuah agenda rutin semata.

"Tetapi benar-benar menginspirasi orang muda bagaimana hidup di tengah tengah masyarakat dan bisa menempatkan diri sebagaimana mestinya," terang MY Esti Wijayati, anggota DPR RI, yang turut hadir pada acara itu.

Romo Vikep Kevikepan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Romo Florentinus Hartosubono, Pr., mengatakan, terpilihnya Yogyakarta sebagai tuan rumah AYD ke-7 dikarenakan Yogyakarta telah dikenal dunia sebagai City of Tolerance. "Saya beserta seleruh panitia acara ini ingin membuktikan bahwa Indonesia, khususnya Yogyakarta, dengan segala keragamannya mampu hidup berdampingan secara harmonis," kata Romo Florentinus Hartosubono.

Dikatakan Romo Florentinus, dunia sudah mengenal Indonesia sebagai state of tolerance. "Dan kita cari lagi di Indonesia city of tolerance-nya ya Jogya ini,” tegas Romo Florentinus Hartosubono.

Lebih lanjut Romo Hartosubono mengatakan, dirinya akan mempromosikan potensi yang ada di seluruh wilayah DIY. Menurutnya, hal tersebut sesuai dengan tema AYD tahun ini “Joyful Asian Youth! Living the Gospel in Multicultural Asia”. Dengan memperkenalkan potensi yang ada di DIY, maka dapat mendorong rasa toleransi para peserta AYD dalam menyikapi perbedaan yang ada di sekitarnya.

Romo Hartosubono berharap, para peserta AYD akan mendapatkan kesan terbaik dari Yogyakarta ketika kembali ke negara asalnya.

Wakil Bupati Sleman, Sri Muslimatun, menyambut baik diselenggarakannya AYD ini. Dan, Pemerintah Kabupaten Sleman siap memberikan segala fasilitas yang dibutuhkan untuk menyukseskan acara ini. “Silahkan apa yang bisa kami lakukan untuk acara ini," ucap Sri Muslimatun.

Kegiatan itu akan ditutup pada hari Minggu, 6 Agustus 2017 pukul 19.00 WIB bertempat di lapangan Dirgantara Akademi Angkatan Udara (AAU) Yogyakarta. (Affan)

 

Berita Terkait