Sat,23 September 2017


MY Esti Wijayati Kunjungi Sumba Timur

Indofakta 2017-08-03 07:49:59 Politik
MY Esti Wijayati Kunjungi Sumba Timur

YOGYAKARTA -- Sejak tanggal 30 Juli 1017 sampai 2 Agustus 2017, MY Esti Wijayati (anggota DPR RI Dapil DIY) bersama Anggota Komisi X DPR RI mengunjungi Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur. 

 

Dijelaskan Esti, kabupaten ini memiliki luas wilayah 7000,5 km persegi dengan jumlah penduduk 243.000 jiwa. Adapun jumlah sekolah yang tersedia dari 22 kecamatan terdiri dari 264 SD, 77 SMP dan 30 SMA sederajat. "Serta masih ada lima kecamatan yang belum memiliki SMA sederajat," terang MY Esti Wijayati, Kamis (3/8).

 

Sehingga, jarak tempuh untuk bisa bersekolah ke tingkat SMA menjadi sangat jauh. "Beberapa sekolah yang kami kunjungi untuk bisa melihat langsung kondisi pendidikan di sana," papar Esti Wijayati.

 

Menurur Esti, rata-rata lama sekolah berada di angka 6,4 tahun, jauh dari target nasional 9 tahun wajib belajar.

Dan alokasi APBD sekitar Rp 1 trilyun. "Tentu tidak mudah untuk menyelesaikan semua persoalan pendidikan yang ada," tandas Esti. "Baik persoalan infrastruktur, tenaga pendidik, fasilitas yang memadai dan lain-lain."

 

Bagi Esti, perlu kepedulian banyak pihak. Juga percepatan pembangunan sektor pendidikan oleh pemerintah pusat. "Semoga juga putra-putri terbaik dari NTT berjuang penuh semangat untuk membangun Sumba Timur yang menyimpan potensi wisata luar biasa," pungkas Esti. (Affan)

Berita Terkait