Fri,24 November 2017


Komisi IV DPRD Jabar Pantau Realisasi Pembangunan Infrastruktur

Indofakta 2017-08-01 18:11:52 Politik
Komisi IV DPRD Jabar Pantau Realisasi Pembangunan Infrastruktur

JABAR - Komisi IV DPRD Jabar saat ini akan terus memantau realisasi pembangunan infrastruktur di sejumlah daerah di Jabar. Hal ini dimaksudkan untuk mengawal agar pembangunan infrastruktur berjalan berkesinambungan, tanpa mengganggu lingkungan hidup di wilayah tersebut.

Hal demikian, diungkapkan Wakil Ketua Komisi IV DPRD Jabar, Daddy Rohanady dalam keterangannya kepada wartawan Selasa (1/8).

Daddy, lebih lanjut mengatakan untuk memantau realisasi pembangunan infrastruktur tersebut, Komisi IV telah menggelar rapat dengan beberapa OPD di lingkungan Pemprov. Jabar diantaranya Dinas PSDA Jabar, Dinas Pelayanan Perijinan Satu Pintu Jabar dan Badan Pengelolaan Aset dan Pendapatan Daerah.

Beberapa pembangunan infrastruktur yang dievaluasi melalui pertemuan tersebut antara lain kasus penyerobotan lahan Batununggal Kota Bandung. Kasus tersebut, menjadi perhatian Komisi IV DPRD Jabar dikarenakan daerah yang diurug untuk kepentingan pembangunan perumahan dikawasan itu diantaranya menggunakan daerah irigasi Ciregol.

Terkait hal tersebut, ada 4 titik yang diawasi ulang "jangan sampai jika betul-betul dibangun pembangunan infrastruktur di kawasan itu, akan mengganggu irigasi yang menjadi sumber air untuk areal persawahan khususnya di Kota Bandung".

Daddy, lebih lanjut memaparkan pembangunan infrastruktur lainnya yang dipantau adalah pembangunan Hotel Pullman di kawasan Jalan Diponegoro Kota Bandung. Untuk infrastruktur ini, Komisi IV DPRD Jabar berkewajiban untuk memantau kelayakan ijin serta kelayakan amdal.

Pembangunan apartemen Meikota di Kawasan Bekasi juga menjadi fokus perhatian. Apartemen yang dibangun di areal seluas 400 sampai 500 Ha, perlu dipantau karena sejalan dengan Perda Nomor 12 Tahun 2014 tentang Metropolitan Bodekarpur di pasal 10 ayat F ijin yang dikeluarkan oleh Kabupaten/Kota terlebih dahulu harus ada Rekomendasi terlebih dahulu dari Gubernur Jabar. (nur)

Berita Terkait