Sat,23 September 2017


Anak usia 9 bulan s.d 15 Tahun jadi target dalam kampanye vaksin MR

Indofakta 2017-08-01 15:44:47 Kesehatan
Anak usia 9 bulan s.d 15 Tahun jadi target dalam kampanye vaksin MR

SUMEDANG - Pelaksanaan imunisasi Measles Rubella (MR) yang dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia termasuk di Kabupaten Sumedang, dilakukan hari Selasa, (1/8/2017) ini dimana pelaksanaan imunisasi MR sekaligus pencanangan untuk Tingkat Kab. Sumedang, dilakukan oleh Bupati Sumedang, H. Eka Setiawan di SMPN 1 Situraja, yang pada saat itu didampingi oleh Plt. Asisten Pembangunan, Ir. H. Amim, Kepala Dinas Kesehatan, Hj. Retno Ernawati, Kepala Dinas Pendidikan, H. Sonson M. Nurikhsan, Ketua PGRI Kab. Sumedang, H. Deddy Suhayat, Ketua Forum Camat Sumedang, Ari Kusnadi dan Camat Situraja, Sutisna selaku tuan rumah.

Diungkapkan Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Dinas Kesehatan, dr. Reni Kurniawati Anton, bahwa kampanye imunisasi Measles Rubella adalah suatu kegiatan imunisasi yang dilakukan secara massal, sebagai upaya untuk memutus transmisi penularan virus campak dan rubella pada anak usia 9 bulan sampai kurang dari 15 tahun atau maksimal pada hari pelaksanaaan imunisasi maksimal berusia 14 tahun 11 bulan, tanpa mempertimbangkan status imunisasi sebelumnya.

“Penyakit campak dan rubella merupakan penyakit berbahaya, yang sampai dengan saat ini masih menjadi masalah kesehatan masyarakat. Oleh karena itu, imunisasi MR kali ini sifatnya wajib dan tidak memerlukan individual informed consent atau tidak memerlukan persetujuan terlebih dahulu dari orang tua anak,”paparnya.

Dikatakan Reni lebih lanjut, Kab. Sumedang pun memiliki komitmen sama se-Indonesia, yang mana pada tahun 2020 diharapkan dapat mencapai eliminasi campak dan pengendalian rubella. Dirinya pun menambahkan, bahwa kesiapan Kab. Sumedang sendiri dalam pelaksanaan kampanye MR adalah dengan menyediakan Pos Vaksinasi sebanyak 3.429 tempat, dengan rincian Pos Vaksinasi yang dilaksanakan di sekolah sebanyak 1.774, Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) 1.672 dengan didukung oleh 964 orang petugas imunisasi dan 1143 kader.

“Pada kampanye MR tahun 2017 kali ini selain menyiapkan 3.429 lokasi untuk pelaksanaan imunisasi, kita juga telah menetapkan sebanyak 275.306 anak sebagai sasaran untuk mendapatkan imunisasi MR, dimana pelaksanaannya akan dilakukan dalam dua fase, yakni pada bulan Agustus dan September,”ungkap Reni.

Selama bulan Agustus ini, lanjut Reni, pihaknya akan menyasar anak sekolah dari mulai tingkat Pendidikan Anak Usia Dini hingga Sekolah Menengah Pertama dan dilakukan di Sekolah masing-masing, selanjutnya pada bulan September mendatang, kampanye MR dilakukan di Posyandu dengan sasaran para Balita yang belum bersekolah.

Sementara itu sesaat sebelum melakukan pencanangan imunisasi MR Bupati Eka mengatakan, dengan dilakukannya imunisasi MR saat itu, diharapkan akan mampu membentengi anak dari kemungkinan terjangkitnya penyakit campak dan rubella. “Seperti apa yang diungkapkan Bu Kabid (Reni) barusan, penyakit campak dan rubella merupakan penyakit yang belum bisa disembuhkan. Oleh karena itu anak sampai dengan usia maksimal 15 tahun kurang 1 bulan saat ini harus diimunisasi, karena kalau kita sehat maka produktivitas juga akan bagus,”tukas Eka.

“Anak-anak tidak boleh takut disuntik (diimunisasi), ikuti program imunisasi saat ini sehingga mudah-mudahan generasi muda Sumedang ini menjadi generasi yang sehat dan bisa bersaing dalam persaingan global yang semakin ketat,”tutupnya.

Seusai melaksanakan pencanangan imunisasi MR, Bupati Eka pun menyaksikan proses pelaksanaan anak mulai dari pendaftaran hingga penyuntikan vaksin, diakhiri dengan memberi tanda secara simbolis terhadap siswa yang telah mendapatkan imunisasi MR pada kesempatan tersebut. (hms/sgt)
 

Berita Terkait