Wed,20 September 2017


Presiden Joko Widodo Canangkan Imunisasi MR di Sleman

Indofakta 2017-08-01 11:48:56 Nasional
 Presiden Joko Widodo Canangkan Imunisasi MR di Sleman

YOGYAKARTA -- Presiden RI, Ir Joko Widodo, Selasa (1/8/2017) pagi pukul 08.45 WIB bersama ibu negara Iriana Joko Widodo mencanangkan kampanye imunisasi Measles Rubella (MR) tingkat nasional di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 10 di Sariharjo, Ngaglik, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kegiatan ini akan berjalan sejak Agustus 2017 hingga September 2017. 

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo didampingi Gubernur DIY Sri Sultan HB X, GKR Hemas, Menkes Nila F Moeloek dan Menko PMK Puan Maharani disambut tarian "Golek Ayun-ayun". Hal itu sebagai ucapan selamat datang pada Presiden RI.

Program pemerintah ini, seperti disampaikan Joko Widodo, merupakan wujud komitmen untuk menjaga generasi muda Indonesia. "Khususnya dalam hal kesehatan," tandas Joko Widodo. 

Dijelaskan Presiden Joko Widodo, virus MR ini sangat berbahaya. "Karena bisa menyebabkan cacat pada bayi," tandas Joko Widodo yang berpesan untuk tidak meremehkan MR karena bisa berbahaya bagi anak-anak. 

Dampak jangka panjangnya juga untuk bayi bisa cacat bawaan. "Saya dukung penuh agar anak Indonesia bebas dari MR," papar Joko Widodo lagi.

Saat ini baru 0,05 persen anak usia 9 bulan hingga 15 tahun yang mendapatkan imunisasi MR. Padahal, idealnya lebih dari 95 persen anak dapat imunisasi MR, bahkan harus semuanya.

Ditambahkan Menko PMK, Puan Maharani, program kampanye imunisasi MR merupakan wujud komitmen pemerintah untuk memerangi penyakit campak dan rubella yang memiliki dampak serius pada bayi. 

Tahun ini, sejak bulan Agustus 2017 hingga September 2017 di seluruh pulau Jawa anak usia 9 bulan hingga 15 tahun menjalani imunisasi. Sementara, tahun 2018 seluruh provinsi di luar pulau Jawa juga akan melakukan hal yang sama.

Dikatakan Puan, tahun 2020 nanti Indonesia sudah dipastikan bebas Rubella. Target pemerintah 95 persen capaiannya. "Karena kalau belum, maka kita belum dikatakan bebas Rubella," kata Puan.

Makanya, hal itu dimulai sekarang. Dan harapannya, tahun 2020 nanti Indonesia sudah bebas Rubella.

Presiden Joko Widodo usai berada di MTs Negeri 10 Sleman, siangnya kembali lagi ke Jakarta dengan menggunakan pesawat Kepresidenan Indonesia-1 dari pangkalan TNI AU Adisucipto Yogyakarta didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI Trisno Hendradi, Komandan Paspampres Mayjen TNI (Mar) Suhartono dan Staf Khusus Presiden Johan Budi. (affan)

Berita Terkait