Sat,23 September 2017


Walikota Kagoshima Kunjungi Sleman

Indofakta 2017-07-26 20:38:23 Politik
Walikota Kagoshima Kunjungi Sleman

SLEMAN  -- Walikota Kagoshima Jepang, Hiroyuki Mori, didampingi Prof Masato Iguchi (Director Sakurajima Volcano Research Center, Disaster Prevention Research Institute, Kyoto University), Sunao Yutsudo (Executive Director of Crisis Management Department Citizens' Bureau Kagoshima City), Iwane Matsueda, Toyoshi Atari, Takeshi Arimori dan Yoshihiko Kuroiwa, melakukan kunjungan ke Kabupaten Sleman pada 25-26 Juli 2017.

Kunjungan tersebut bertujuan untuk saling bertukar pengalaman terkait penanganan mitigasi bencana letusan gunung berapi, yang sama-sama dimiliki kedua daerah itu.

Kota Kagoshima terletak di ujung selatan pulau Kyushu di kepulauan Jepang, yang terkenal sebagai ibukota prefektur Kagoshima dan gerbang selatan menuju Jepang. Kota Kagoshima dan gunung Sakurajima berjarak 4 km dari teluk Kinko. Dengan asap yang mengepul dari gunung Sakurajima merupakan simbol dari Kagoshima.

Selama berada di Sleman, Walikota Jepang mengunjungi Museum Gunung Merapi. Kepada petugas, tampak Hiroyuki Mori menanyakan segala hal mengenai erupsi gunung Merapi, dampak dan penanganan pascaerupsi Merapi. Dengan antusias juga menanyakan kepada Kepala BPPD Sleman.

Selanjutnya, mengunjungi Pos Pengamatan Gunung Api Merapi di Kaliurang dilanjutkan ke petilasan rumah mbah Maridjan di Kinahrejo Umbulharjo Cangkringan. Di tempat ini Walikota Kagoshima diterima Camat Cangkringan dan Jurukunci Gunung Merapi Ki Surakso Hargo, yang juga putra mbah Maridjan.

Didampingi Tagana dan relawan, jurukunci Gunung Merapi, menceriterakan pengalamannya saat-saat erupsi Merapi, proses pengungsian, kondisi pascaerupsi, relokasi di hunian sementara sampai mendapatkan hunian tetap dan akhirnya kembali pulih menjalankan aktivitas sehari-hari.

Ketika ditampilkan simulasi proses penanganan korban erupsi Merapi oleh para relawan dan PMI, Walikota Kagoshima menyambut baik adanya penanganan itu untuk jadi pelajaran berharga yang akan diterapkan di Jepang. "Karena di Kagoshima juga memiliki gunung Sakurajima yang karakteristiknya sama dengan gunung Merapi," kata Hiroyuki Mori.

Bupati Sleman, Drs H Sri Purnomo, MSi, menyambut Walikota Kagoshima Jepang dengan menggelar gala dinner di pendopo Rumah Dinas Bupati Sleman. Tak lupa disuguhi tarian Puji Astuti dan Bambangan Cakil serta menyaksikan film Maha Guru Merapi. Dilakukan pula tukar-menukar cinderamata kedua belah pihak: Bupati Sleman dan Walikota Kagoshima Jepang.

Pada Rabu (27/7/2017), Walikota Kagoshima Jepang diterima Bupati Sleman di aula Lantai III Pemkab Sleman. Pada kesempatan itu, Sri Purnomo menguraikan penanganan bencana letusan gunung Merapi yang terjadi tahun 2010 lalu.

"Masyarakat ketika bencana terjadi dan pascabencana mampu bangkit dalam waktu satu tahun saja," kata Sri Purnomo yang menambahkan dalam pemulihan perekonomian, Pemerintah Kabupaten Sleman menekankan pada kearifan lokal pada aspek memberdayakan masyarakat.S

Selain itu, menurut Sri Purnomo, Pemerintah Kabupaten Sleman juga memberikan bantuan usaha produktif melalui kelompok ekonomi yang produktif. "Kami juga menata kembali objek pariwisata yang ada di lereng Merapi, salah satunya Lava and Volcano Tour,” imbuh Sri Purnomo.S

Sementara itu, Sumadi, SH, MH, Sekretaris Daerah Kabupaten Sleman, menuturkan, baik Sleman maupun Kagoshima, memiliki kekurangan dan kelebihan dalam upaya penanganan bencana gunung berapi.

Pemerintah Kagoshima sangat terkesan dengan semangat gotong-royong para korban Merapi. "Sehingga mampu bangkit secara ekonomi ataupun dari trauma dengan cepat," kata Sumadi, Rabu (27/7/2017).

Pemerintah Kabupaten Sleman juga belajar beberapa hal kepada pemerintah Kagoshima yang telah memanfaatkan sistem informasi online dengan baik. Dan, ini sesuai dengan visi Pemkab Sleman untuk menyejahterakan masyarakat berbasis IT pada 2021 nanti. "Nah, ini akan kita kembangkan juga sistem informasi tentang mitigasi bencana ini," ungkap Sumadi.

Kunjungan itu merupakan kunjungan balasan Walikota Kagoshima setelah Bupati Sleman berkunjung ke Kagoshima pada tahun 2013 lalu, pada acara IAVCEI (International Association of Volcanology and Chemistry of the Earth’s Interior), pertemuan asosiasi para ahli gunung api dari seluruh dunia.  (Affan)

 

 

 


 

Berita Terkait