Fri,24 November 2017


DPRD Jabar Sampaikan Rekomendasi P2APBD Tahun Anggaran 2016

Indofakta 2017-07-26 15:17:48 Politik
 DPRD Jabar Sampaikan Rekomendasi P2APBD Tahun Anggaran 2016
JABAR - DPRD Jabar sehubungan dengan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD (P2APBD) tahun anggaran 2016 yang disampaikan Pemprov. Jabar, akhirnya dalam sidang paripurna yang berlangsung belum lama ini menyampaikan rekomendasi. Rekomendasi atas P2APBD Tahun Anggaran 2016 dibacakan anggota Bangar DPRD Jabar, Daddy Rohanady.

 

Beberapa point rekomendasi yang disampaikan DPRD Jabar atas P2APBD Tahun Anggaran 2016. Untuk DPRD Jabar menyampaikan apresiasi dengan raihan WTP dari BPK yang ke-6 kalinya. Dengan pencapaian tersebut DPRD Jabar meyakini akan berdampak semakin membaik pengelolaan keuangan daerah, pelayanan kepada masyarakat semakin meningkat serta kesejahteraan masyarakat semakin meningkat. Pencapaian WTP diharapkan dapat dicontoh oleh Kabupaten/Kota di Jabar.

Dalam rangka meningkatkan PAD, Pemprov. Jabar diharapkan dapat terus melakukan kajian yang lebih mendalam terhadap berbagai potensi daerah, termasuk upaya peningkatan pendapatan dari sector pajak kendarana bermotor dan mengoptimalkan pendapatan dari OPD penghasil.

Dalam rangka peningkatan kinerja BUMD, Pemprov. Jabar perlu meningkatkan upaya pembinaan dan pengawasan yang ketat serta serius membenahi BUMD yang bermasalah. Untuk BUMD, disarankan agar kegiatannya lebih focus terhadap bisnis yang member profit kepada perusahaan sesuai dengan bisnis plan yang telah dibuat.

Dalam rangka memaksimalkan potensi asset, jelas Daddy Pemprov. Jabar diharapkan terus melakukan penataan, pengamanan dan penyelamatan asset tidak bergerak melalui inventarisasi, sertifikasi dan penguasaan fisik serta penyelesaian asset daerah yang masih dikuasai pihak ketiga.Untuk pengamanan asset, Pemprov. Jabar agar menyediakan anggaran yang cukup untuk mengantisipasi adanya gugatan-gugatan hukum.

Selanjutnya, ujar Daddy  untuk rekomendasi belanja daerah, OPD diminta meningkatkan kualitas perencanaan yang sistematis dan terukur. (nur)

 

Berita Terkait