Sat,23 September 2017


Jelang Tahun Ajaran Baru,Toko Perlengkapan Sekolah Gratis Diserbu Anak Yatim

Indofakta 2017-07-15 16:46:41 Edukasi
Jelang Tahun Ajaran Baru,Toko Perlengkapan Sekolah Gratis Diserbu Anak Yatim
TASIKMALAYA - Memasuki tahun ajaran baru, Toko perlengkapan sekolah gratis milik seorang mantan pensiunan pegawai negeri sipil di Kabupaten TasikmalayaJawa Barat, di serbu anak-anak yatim dan kurang mampu yang belum memiliki perlengkapan sekolah.

Selama satu bulan terakhir,sebanyak 250 paket perlengkapan sekolah telah di berikan kepada anak yatim dan kurang mampu secara cuma-Cuma.

Musim  sekolah tahun ajaran baru telah tiba/rumah milik Yayan Tahyan,pensiunan pegawai negeri sipil di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Tasikmalaya, yang berada di Jalan Raya Kudang Desa Cipakat,Kecamatan Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya, ini pun setiap harinya tak pernah sepi dikunjungi oleh anak yatim dan kurang mampu yang akan kembali masuk sekolah,senin (17/7/2017)esok.

Lantai satu rumah milik pria berusia 61tahun yang juga mantan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tasikmalaya periode 2003-2006 ini menyediakan berbagai perlengkapan sekolah / mulai dari buku tulis,baju seragam,sepatu,tas ,topi ,serta peralatan tulis lainnya.

Perlengkapan sekolah tersebut, Yayan berikan secara cuma-cuma  alias gratis bagi anak yatim dan kurang mampu.


Salah seorang siswi Sekolah dasar Dinda Purnamasari mengatakan, dia menerima pelengakapan sekolahnya Sabtu (15/07/2017). " saya mendapat  kantong,seragam pensil dan lain-lain ini nga bayar alias gratis saya senang, saya kelas tiga sekolah dasar besok senin mulai masuk sekolah" kata dinda.

Selain menyediakan perlengakapan sekolah,di toko yang diberi nama Bale Asih ini juga disediakan perpustakaan gratis yang menyediakan berbagai  macam buku pelajaran sekolah dan kuliah.Toko  Bale Asih didirikan yayan sejak 13 februari 2014 dengan berawal dari buku perpustakaan koleksi pribadinya.

Toko tersebut buka setiap hari dan melayani siapa saja, terutama masyarakat tidak mampu yang membutuhkan perlengkapan sekolah.

Sejak didirikan, Bale Asih berkonsep toko sosial, siapapun masyarakat yang memerlukan bisa datang ke toko ini tanpa syarat apapun.

Sementara itu pemilik toko  Bale AsihYayan Tahyan mengatakan, satu bulan terakir ini ada tujuh sampai delapan orang yang datang ke toko dan sampai  hari ini alahamdulilah mereka masih bisa terlayani.

"Alhamdulliah Sampai hari ini yang di keluarakan mencapai dua ratus empat  puluh sembilan paket yang itu tidak di batasi bagi mereka anak yatim piatu dan kaum duapa, yang tersebar di seluruh Kabupaten Tasikmlaya bahkan, ada yang dari selatan,utara kebanyakan untuk taun ini dari daerah mangunreja" paparnya.

Selain dari menyisihkan gaji pensiunan,pembelian paket seragam sekolah ini juga didapat dari sedekah keluarga dan para donatur.

Yayan merupakan seorang sosok yang ingin mengabdikan dirinya didunia pendidikan. Melihat kondisi anak-anak yang kurang mampu telah membuat Yayan iba  dan mendirikan toko gratis Bale Asih Ini. (Andri)

Berita Terkait