Wed,20 September 2017


PPNI Kabupaten Sumedang Gelar Seminar Keperawatan

Indofakta 2017-05-01 18:26:46 Kesehatan
PPNI Kabupaten Sumedang Gelar Seminar Keperawatan

SUMEDANG - Dalam rangka rangkaian kegiatan HUT PPNI ke-43 dan memperingati Hari Jadi Sumedang ke-439, PPNI (Persatuan Perawat Nasional Indonesia) Kabupaten Sumedang adakan Seminar Nasional  Keperawatan yang dibuka oleh Bupati Sumedang, H. Eka Setiawan,DIPL,SE,MM, Sabtu,(29/04) di Aula Tampomas Setda Kabupaten Sumedang yang dihadiri oleh Ketua DPC PPNI Prov Jabar, Kepala Dinas Kesehatan Prov.Jabar, Direktur RSUD Kabupaten Sumedang dan Kepala Puskesmas Se-Kabupaten Sumedang. seminar Nasional ini mengambil tema Komunitas Pelayanan Keperawatan Terintegrasi pada Masyarakat di Era JKN menuju Gerakan Masyarakat Hidup Sehat.


Dalam Lapornya Ketua Panitia, Hj.Teti Rohmawati, M.Kep, Menyampaikan, peserta seminiar ini terdiri dari para perawat di Kabupaten Sumedang, Mahasiswa Keperawatan dan Masyarakat sebanyak 950 orang, Peserta yang hadir dalam seminar tersebut bukan hanya dari kabupaten Sumedang saja tetapi ada juga dari luar kota diantaranya dari Yogyakarta, Bandung dan Subang sebanyak 20 orang dengan narasumber Dr. Rita Skarsari, S.Kp.,Sp.KV.,MHSM , Roro Tutik srihayati, SKP.MARS, Dr. H. Dodo Suhendar, MM, serta Ardi Karwindi,S.Si Ak.Pt.AAAK dan Wawa Hernawan, S.Kp


Lebih lanjut Teti pun mejelaskan, acara ini diadakan dilatarbelakangi oleh semakin meningkatnya tuntutan masyarakat akan kebutuhan pelayanan kepada masyarakat baik tuntutan kualitas dan keamanan dalam pelayanan sesuai pertauran perundang-undangan yang berlaku. 


“Disertai dengan meningkatnya kompleksitas asuhan kepada pasien dalam hal ini terkait dengan semakin tingginya angka kesakitan penyakit dehineraline yang memerlukan pelayanan yang lama serta kompleks, sehingga pemberiaan asuhan keperawatan  kepada pasien harus tepa dari setiap institusi pelayan kesehatan sesuai dengan sumber daya yang tersedia untuk pemenuhan kebutuhan akan pelayanan pasien secara tepat, berkualitas dan efisien dalam segi biaya. dengan alasan tersebut diperlukan kontinuitas pelayan baik dari masyarakat ke fasilitas tingkat 1 yang dilakukan ke rumah sakit maupun sebaliknya saat ini pelaksanaan tersebut belum terlaksana dengan baik sehingga kontinuitas pelayanan yang dibutuhkan masyarakat terhambat, jelasnya.


Sementara itu Ketua DPD PPNI Kabupaten Sumedang, Dadang Sulaeman, AMK., S.Sos., M.Kes dalam sambutanya menyampaikan, terimakasih atas dukungan dan partisispasi yang luar biasa khususnya dari Pemerintah Kabupaten Sumedang melalui Buapti Sumedang dan stake holder perawat Kabupaten Sumedang.  Sesuai dengan motto PPNI Kabupaten Sumedang yaitu PPNI dicintai oleh anggotanya, PPNI disayangi Pemerintah dan Masyarakat, PPNI disegani profesi yang lain. PPNI Kabupaten Sumedang berusaha sekuat tenaga dan mengeluarkan seluruh kemampuan untuk membantu berkontribusi aktif dalam bersama-sama pemerintah membangun Kabupaten Sumedang khususnya dalam bidang kesehatan.


“ Sesuai dengan Undang-undang no 38 Tahun 2014 tentang peran dan fungsi organisasi PPNI kami akan memfasilitasi pengembangan keperawatan sebagai profesi yang dalam pelaksanaanya tidak dapat terlepas dari upaya pemntapan tiga pilar yang harus dilakukan yaitu pengembangan pendidikan keperawatan, peningkatan pelayanan keperawatan dan meningkatakan tarap kehidupan profesi keperawatan, paparnya


Ditengah acara diadakan penyerahan piagam penghargaan PPNI Kabupaten Sumedang sebanyak 16 penghargaan, kepada tokoh kesehatan yang banyak member kontribusi, dedikasi dan loyalitas serta dukungan terhadap perkembangan dan majunya organisasi PPNI Kabupaten Sumedang. 


Masih dalam kesempatan yang sama, Bupati Eka dalam sambutanya menyampaikan, peranan perawat sangatlah penting karena keberhasilan pembangunan di bidang kesehatan tidak akan ada artinya kalau tidak dibantu oleh para perawat. Bupati pun menganggap seminar ini sangat penting sebagai sarana silaturahmi para perawat serta agar perawat mampu meningkatkan kompetennsinya agar tidak ketinggalan serta agar bidang kesehatan bisa maju dan berkembang karena saat ini teknologi semakin maju  maka diperlukan peningkatan kualitan Sumber daya keperawatan.


 Perawat harus dapat mengembangkan ide-ide serta kreasi-kreasi sehingga dapat memberikan masukan kepada pemerintah untuk merumuskan kebijakan apa, agar sesui dengan apa yang diperlukan. serta dengan pengurus PPNI Kabupaten Sumedang yang baru diharap bisa lebih menuculkan lagi kiprahnya PPNI didalam bidang Kesehatan, ujar Eka. (hms/sigit)
 

Berita Terkait