Tue,21 November 2017


KEJATI JABAR DIDESAK PERIKSA KREDIT FIKTIF BJB SYARIAH

Indofakta 2017-03-24 08:21:19 Hukum / Kriminal
KEJATI JABAR DIDESAK PERIKSA KREDIT FIKTIF BJB SYARIAH

BANDUNG - Kejaksaan Tinggi Jawa Barat diharapkan segera  memeriksa dugaan kasus penyaluran kredit fiktif oleh Bank bjb Syariah kepada  PT. Hastuka Sarana Karya dengan yang flafondnya mencapai Rp. 500 milyar. Uang negara jangan sampai menguap oleh segelintir orang dan harus diselamatkan dengan segera.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Kajian Hukum Lsm Monitoring Community, Kandar Karnawan kepada Indofakta.com (23/3/2017). Menurutnya, "Dalam proses penyaluran kreditnya terdapat persyaratan-persyaratan yang tidak BANKABLE seperti nilai agunan kredit yang tidak mencukupi untuk penyaluran kredit khususnya terhadap 161 end user Garut Super Block. Padahal berdasarkan hasil analisa yang dilakukan Bank tersebut tidak mempunyai kemampuan dan kelayakan financial yang seharusnya tetapi tetap dicairkan. Adanya indikasi end user Garut Super Block tidak pernah menerima penyaluran kredit dari Bank bjb syariah tetapi dinikmati oleh pengurus PT. Hastuka Sarana Karya.  selain itu juga terdapat indikasi end user fiktif.

Dalam catatan Lsm Monitoring Community diketahui bahwa Portofolio kredit PT Hastuka Sarana Karya juga bukan hanya di bank bjb syariah tetapi terdapat di bank bjb cabang garut dengan kondisi saat ini menjadi kredit bermasalah dalam proses kreditnya diindikasikan terjadi penyimpangan dan pelanggaran terhadap ketentuan bank dan OJK. (Y CHS).

 

Berita Terkait