Wed,20 September 2017


YMH Sul-Sel Bersama Dengan UNHAS Melakukan Penguatan Kapasitas Kelompok Resiko Tinggi AIDS

Indofakta 2016-11-25 14:53:37 Kesehatan
YMH Sul-Sel Bersama Dengan UNHAS Melakukan Penguatan Kapasitas Kelompok Resiko Tinggi AIDS

MAKASSAR - Fenomena HIV AIDS masih menjadi perhatian besar saat ini disemua kalangan, oleh karenanya berbagai ragam dalam upaya pengentasan epidemi penyakit tersebut diharapkan bisa berjalan secara optimal dan sinergis..

 

Salah satu subjek yang melibatkan diri secara sosial dalam rangka pengentasan epidemi tersebut adalah lembaga swadaya masyarakat, baik yang mendapatkan dukungan dana dari salah satu donor maupun yang tidak mendapatkan bantuan dari donor atau bersumber dari sumber daya yang mereka miliki. Ungkap Adam Badwi SKM, MM  yang juga selaku Koordinator program HIV AIDS bagi WPS dukungan dana Global Fund yang dikerjasamakan dengan KPA Nasional serta Yayasan Kerti Praja Bali.

 

Lanjut Adam “Yayasan Mitra Husada Sulawesi Selatan dalam hal ini sebagai satu dari beberapa lembaga swadaya masyarakat di Sulawesi Selatan eksis menjalankan program pendampingan dan pencegahan HIV AIDS yang berskala regional maupun nasional bergerak secara optimal dan berkelanjutan demi pencapaian pengurangan epidemi HIV AIDS.” Hal ini terlihat dari kegiatan yang dilaksanakan dalam bentuk Pelatihan bagi pelanggan WPS untuk membentuk prilaku seksual yang aman sesuai norma norma pencegahan.

 

Pada kegiatan yang berlangsung selama sehari ini menghadirkan beberapa pemateri yang memiliki kemampuan dan pengalaman baik dalam menjalankan program pencegahan HIV AIDS. Sebagaimana pada materi awal yang diberikan oleh Bapak Azwar, SKM, M. Kes. menjelaskan kepada para peserta pelatihan “untuk bersifat dini dalam menangkal potensi potensi bahaya yang muncul berkenaan dengan HIV AIDS, mulai dari sisi pencegahan, pembagian informasi secara merata bagi keluarga, teman dan relasi, agar kiranya terhindar dari penyakit infeksi menular seksual.” Beragam pertanyaan pula yang muncul dari peserta disaat pemateri memberikan pandangan penjelasan tentang informasi dasar HIV AIDS dan kemudian bapak Azwar, SKM, M.Kes yang juga selaku dosen pada Universitas Pejuang RI, menjawab dengan tuntas sesuai arah pertanyaan.

 

Setelah pemateri pertama, kemudian dilanjutkan dengan pemateri kedua dari Bapak Arsyad Rahman, SKM, M.Kes, beliau mengatakan memotivasiagar tes HIV, secara komprehensif, mengajak kepada seluruh peserta agar bisa secara sukarela mendatangi beberapa layanan yang tersedia di Kota Makassar, untuk mendapatkan layanan konseling, serta layanan pemeriksaan gratis Tes HIV.” beliau merupakan salah satu dosen pada jurusan Promosi Kesehatan di Universitas Hasanuddin

 

Lanjut Arsyad Rahman, “meminta pula kepada para peserta untuk mengajak teman, keluarga dan lainnya yang sadar akan negatifitas prilaku seksnya, untuk bisa mengunjungi layanan layanan yang ada.”

 

Bahwa dalam rangka optimalisasi peran Yayasan Mitra Husada Sulawesi Selatan, sebagai lembaga terpilih pelaksana program pencegahan HIV AIDS dukungan dana Global Fund, berkomitmen untuk terus bergerak secara universal dengan menghadirkan taktik, strategi dan model baru pencegahan dan pendampingan HIV AIDS di semua kalangan dan jejaring. (munadhir)

Berita Terkait